Pemahaman Wasbang Bagi SMA di Samboja

 

PARLEMENTARIAN DPRD KALTIM – Di akhir Oktober lalu, Sabtu (29/10/2022), ratusan pelajar berseragam putih abu-abu dari Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Samboja, diperkenalkan tentang wawasan kebangsaan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun.

Di awal November ini, Jumat (4/11/2022), giliran pelajar SMAN 2 Samboja yang diberikan pencerahan oleh Muhammad Samsun mengenai betapa pentingnya wawasan kebangsaan dalam berbangsa dan bernegara.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, Sosialisasi Wawasan Kebangsaan khususnya empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Undang Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika sangat penting untuk disosialisasikan kepada generasi muda penerus bangsa.

“Penguatan empat pilar kebangsaan ini kita perkenalkan kepada anak-anak kita di Samboja,” ungkap Samsun di hadapan Kepala Sekolah, jajaran guru dan siswa-siswi SMAN 2 Samboja.

Dikatakannya, komitmen kebangsaan harus senantiasa dibina dan dipelihara sehingga tetap terpelihara persatuan dan kesatuan, kebersamaan, saling menghargai, guna tercapainya keserasian, keseimbangan dan keselarasan dalam segala aspek kehidupan.

 

“Dalam meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan, perlu dimaknai kembali nilai-nilai yang terkandung dalam empat konsensus dasar negara; Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 45 demi memantapkan kembali jati diri bangsa dan membangun kesadaran tentang sistem kenegaraan,” jelasnya.

Ia pun berharap, kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada para pelajar sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI dalam kehidupan sehari-hari. Karena hal tersebut pula yang menjadi tujuan dari dilaksanakannya sosialisasi Wasbang.

“Saya gembira, energinya sangat besar dan antusias para peserta begitu luar biasa. Semoga ini menjadi penyemangat untuk generasi muda di SMAN 2 Samboja dalam menggapai cita-cita dan harapan,” pungkasnya. []

Penulis : Fajar Hidayat
Penyunting : Agus Pujo Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com