Agar Generasi Penerus Tak Gagap Sejarah Bangsa

 

PARLEMENTARIA DPRD KALTIM – Agar tidak gagap dan lupa akan sejarah bangsa, pelajar harus benar-benar dibekali dengan wawasan kebangsaan. Demikian ditegaskan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) H. Rusman Yaqub.

Saat menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Gerbang Raja, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (05/11/2022), Rusman Yaqub mengingatkan pentingnya wawasan kebangsaan.

“Karena itu, sosialisasi wawasan kebangsaan ini menjadi tanggung jawab bersama. Nilai kebangsaan harus ditanamkan dalam diri generasi penerus bangsa,” kata politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Rusman mengatakan, pelajar harus mengetahui dan mengenal proses kelahiran bangsa serta falsafah hidup bangsa. Sehingga dapat membentuk karakter yang sesuai dengan cita-cita bangsa. Menanamkan rasa cinta tanah air dapat berdampak pada sikap dimasa depan.

“Saya memiliki step-step dalam penyampaian sosialisasi, tidak hanya pada pelajar namun juga pada segmen lain seperti mahasiswa, pemuda, bahkan ibu rumah tangga,” sambungnya.

Dia juga menambahkan, sosialisasi kebangsaan juga dilaksanakan oleh 55 Anggota DPRD Kaltim yang menyebar di beberapa daerah lainnya. Diharapkan dengan kegiatan ini, dengan sendirinya masyarakat akan cepat memahami pentingnya cinta tanah air.

“Kegiatan dilaksanakan satu kali di tiap bulan, dan kegiatan ini juga dilaksanakan oleh 55 anggota. Menumbuhkan cinta tanah air yang terpatri dengan rasa nasionalisme di dalam diri,” sambungnya.

Rusman menambahkan, Indonesia adalah suatu kebangsaan di mana Pancasila menjadi pokok dasar negara. Dengan menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika. Dan pada akhirnya generasi muda semakin yakin akan kebenaran falsafah Pancasila, UUD 1945 sebagai satu-satunya pedoman penyelenggaraan negara, NKRI satu-satunya bentuk negara yang tepat untuk negara kepulauan dan mengajarkan untuk menghargai sesama.

Sosbang juga menghadirkanMahfudz Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kasdim) 0906 Kutai Kartanegara dan Unis Sagena, Dosen Universitas Mulawarman ini menekankan, sejarah keberhasilan bangsa disebabkan oleh rasa persatuan yang dimiliki oleh para pejuang bangsa. []

Penulis: Agus P. Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com