Targetnya Tiga Besar, Harapannya Juara Umum

 

ADVETORIAL DISPORA KUKAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) dan Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kukar punya target yang sama soal prestasi kontingen Kukar di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur (Kaltim) ketujuh di Kabupaten Berau.

Kepada para wartawan, usai acara pelepasan kontingen Poprov Kaltim VII di Masjid Agung Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Tenggarong, Jumat (11/11/2022), Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, untuk target sesuai dengan yang disampaikan KONI Kukar adalah tiga besar, namun harapannya juara umum.

“Terus berlatih, kalau ikhtiar kita sudah berjalan dengan baik, kita harus berdoa. Dua hal ini harus dilakukan dengan baik. Semangat! Tadi Ketua KONI targetnya tiga besar, saya harapannya juara umum. Tidak berlebihan, namanya target kan harus didukung dengan semangat,” ujar Edi Damansyah kepada awak media.

Rahman

Sementara Rahman, Ketua KONI Kukar, dalam sambutannya mengatakan bahwa KONI menargetkan perolehan medali kontingen Kukar di posisi tiga besar. Target tersebut tidak berbeda dengan perolehan medali atlet Kukar di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) VXI di Kabupaten Paser akhir Oktober lalu.

Secara terpisah, saat diwawancara wartawan, Rahmat tetap menargetkan raihan atlet Kukar di tiga besar. “Target kita tetap tiga besar. Tapi melihat optimisme masing-masing cabor (cabang olahraga, red), insya Allah kita bisa masuk di nomor satu, kalau bisa kita juara umum,” ungkap Rahman.

Terkait penundaan jadwal pelaksanaan Porprov VII di Berau, Rahman mengungkapkan, hal tersebut sedikit membuat terganggu persiapan para atlet, namun demikian pihaknya tetap memastikan bahwa atlet yang diterjunkan di Berau sudah siap tanding.

“Pengunduran jadwal porprov sedikit mengganggu. Bagi kita para pelaku olahraga itu tidak masalah. Dari kontingen Kutai Kartanegara siap tempur di Porprov,” ujar pria yang menjabat sebagai orang nomor satu di KONI Kukar sejak Senin (30/12/2019) silam.

Mengenai para atlet yang diberangkatkatkan untuk berlaga, Rahman menjamin semuanya merupakan putra daerah dan bukan merupakan atlet mutasi. “Semua atlet Kukar yang ikut di Porprov adalah asli dari Kukar, tidak ada lagi atlet mutasi di Kukar,” kata Rahman.

Ia mengungkapkan, KONI di bawah kepemimpinannya telah mempersiapkan putra daerah untuk menjadi atlet berprestasi dengan membina para atlet di 18 kecamatan serta atlet di 58 cabor yang terdaftar di KONI. Untuk itu, setiap perolehan medali para atlet dari kontingen Kukar, tentu sangat membanggakan.

“Saya sudah membina di 18 kecamatan, membina 58 cabor yang ada di KONI, sehingga prestasinya bisa kita banggakan, karena atlet lokal,” ujar Rahman sembari menjelaskan bahwa dari 52 cabor yang diperlombakan di Porprov VII, 49 cabor di antaranya diikuti Kontingen Kukar.

Sementara tiga cabor lainnya yang tidak diikuti merupakan cabor yang sarana prasarana olahraganya tidak tersedia di Kukar, seperti cabor bowling, layar, dan arum jeram. “Karena tiga cabor tidak ada di Kukar, bowling, layar dan arum jeram,” pungkas Rahman. []

Penulis: Tusiman

Penyunting: Hadi Purnomo

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa