Peringati Hari Ibu, Sekda Berharap IPG dan IDG Membaik

 

SAMARINDA – Dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke 94 Tahun 2022, Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengelar Seminar Peningkatan Kualitas Keluarga di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Selasa (06/12/2022). Acara itu dibuka Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni.

Sri Wahyuni

Dalam kesempatan itu, Sri Wahyuni mengatakan, kegiatan seminar diharapkan akan berimbas pada ketahanan masyarakat dan ketahanan nasional kita. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan dari DKP3A bahwa peringatan hari ibu ini di rangkai dengan seminar peningkatan kualitas keluarga, dengan di mulai dari peran ibu karena ibu itu sosok yang menjadi tiang penyangga keluarga, kalau kualitas ibunya bagus ketahanan keluarganya baik, kalau ketahanan keluarganya baik itu akan berimbas pada ketahanan masyarakat,” ujar Sri Wahyuni.

Sri Wahyuni perempuan kelahiran Samarinda, 29 Desember 1970 ini memaparkan, tema seminar khususnya di bidang ekonomi kewirausahaan perempuan, mempercepat kesetaraan, mempercepat pemulihan. Artinya kewirausahaan perempuan itu tidak hanya untuk kemandirian kegiatan usaha, tetapi juga dibarengi dengan komitmen untuk membuat keputusan mengendalikan atau menguasai aset. “Pemberdayaan ekonomi itu tidak hanya produksi, tetapi juga memiliki dan mengendalikan usahanya. Perempuan dapat menjalankan itu tanpa meninggalkan peranya sebagai ibu,” ujar Sri Wahyuni.

Setelah selesai mengikuti seminar para ibu bisa mendapat gambaran bahwa usaha atau wirausaha yang dilakukan di rumah bisa didaftarkan atas namanya sendiri, diatur sendiri, produksi sendiri, dan dikuasai sendiri asetnya dengan pendampingan DKP3A dalam pengurusan izinnya. “Kita berharap dari acara ini, DKP3A sudah bisa melakukan pendampingan jadi angka Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) kita akan semakin baik,” ucap Sri yang pernah mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor tahun 1989 – 1992. [] 

Reporter: Guntur Riyadi | Editor: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com