Dispora Gelar Sosialisasi Binlat Casis TNI/Polri

 

KUTAI KARTANEGARA – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar sosialisasi salah satu program andalannya, yakni Bimbingan dan Latihan (Binlat) bagi Calon Siswa (Casis) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), di Kecamatan Kota Bangun, Kamis (22/12/2022).

Acara itu diikuti sekitar 160 orang pemuda yang datang dari desa terdekat di sekitar Kecamatan Kota Bangun dan berlangsung sehari penuh. Para peserta diberikan sejumlah materi tentang Sekolah Polisi Negara (SPN) dan pengenalan Polri, rekrutmen anggota TNI Angkatan Darat (AD), serta rekrutmen anggota Polri.

Menurut Kepala Dispora Kukar Aji Ali Husni didampingi Kepala Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Pemuda Arbain melalui Sub Koordinator Seksi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Abdul Kadir dan stafnya Dian, untuk tahun 2022 ini, pihaknya sebenarnya merencanakan sosialisasi di empat kecamatan, tetapi karena keterbatasan waktu, pelaksanaannya ditunda awal tahun 2023.

“Awalnya direncanakan ada 4 kecamatan, tapi waktunya tidak sempat. Insyaa Allah tahun depan sosialisasi kita laksanakan di bulan 9,” ungkap Abdul Kadir melalui pesan Whatsapp kepada media ini.

 

Sementara untuk pelaksanaan Binlat, rencananya dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2023, baik untuk casis TNI maupun Polri. “Saat ini acara di Kota Bangun masih sosialisasi, binlat nanti di bulan 2, Polri maupun TNI. Saat ini masih proses daftar online untuk Polri,” ujar Abdul Kadir.

Sementara untuk narasumber sosialisasi, Dispora menghadirkan pembicara dari SPN Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim Riri Novianto Hadisaputra dan Tirta Saputra dan dari Kepolisian Resor (Polres) Kukar Budi Wiyono. Untuk materi tentang TNI, dihadirkan pembicara dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0906/Kutai Kartanegara Ariansyah. []

Penulis: Fajar Hidayat | Penyunting: Hadi Purnomo

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa