Target PKB Kukar di Pemilu 2024

 

KUTAI KARTANEGARA – Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang menjadi ajang pesta demokrasi yang suksesinya diperebutkan banyak pihak, tak terkecuali bagi Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam Pemilu 2024 mendatang, DPC PKB Kukar di bawah nakhoda Untoro Raja Bulan telah memiliki target perolehan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kukar. Tak muluk-muluk, targetnya di setiap daerah pemilihan, ada kader PKB yang sukses terpilih menjadi anggota legislatif.

Target itu disampaikan Syafruddin, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Kaltim didampingi Ketua DPC PKB Kukar Untoro Raja Bulan kepada para wartawan di sela-sela acara Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) PKB di Hotel Grand Fatma, Jalan Pesut, Tenggarong, Kamis (22/12/2022).

“Berkaitan dengan target-target saya kira Ketua DPC sudah punya gambaran target. DPW memang memerintahkan kepada DPC minimal mempertahankan kursinya yang ada hari ini, maksimal menambah kursi. Tentu ini kerjaan ringan, ini kerja berat. Tapi berkat kesolidan dan kekompakan apa yang menjadi cita-cita akan tercapai. Untuk target kita minimal 6 kursi, setiap dapil (daerah pemilihan, red) ada,” ujar politisi yang akrab disapa Udin itu.

 

Udin sendiri yang saat ini duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim, pada Pemilu 2024 mendatang telah dinobatkan menjadi calon legislatif (caleg) untuk Dewan Perwakilan Rakat Republik Indonesia (DPR RI). Untuk itu wilayah kerjanya di seluruh kabupaten kota di Kaltim. Ia akan roadshow, termasuk, di Kukar.

“Kita akan bantu dengan monitoring, support sekaligus mendampingi kerja kerja politik termasuk perebutan caleg, juga menyusun langkah strateginya. Terlebih lagi saya sendiri dinobatkan untuk jadi calon DPR RI, tentu punya ruang dan waktu untuk roadshow ke seluruh kabupaten kota di Kaltim, termasuk Kabupaten Kutai Kartanegara,” papar mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Samarinda ini.

Khusus wilayah Kukar, lanjut dia, akan dijadikan salah satu sebagai titik fokus roadshow politiknya. Bersama sama dengan pengurus DPC PKB Kukar, ia akan bersama berjuang mencapai target-target partai yang sudah ditetapkan. Di DPRD Kukar sendiri, saat ini adalah lima kursi diduduki anggota dewan dari PKB, yakni Siwo Cahyono, Hamdiah Z, Sarpin,  Suryono, dan Khoirul Mashuri.

Syafruddin (tengah) didampingi Untoro Raja Bulan, Ketua DPC PKB Kukar (kiri) dan Hendra, Sekretaris DPC PKB Kukar (kanan) saat diwawancara wartawan di sela-sela Muskercab PKB di Hotel Grand Fatma, Tenggarong, Kamis (22/12/2022).

 

Pada Pemilu 2019 lalu, Siswo Cahyono adalah Wakil Ketua DPRD Kukar saat ini, ia dari dapil I Kecamatan Tenggarong. Sedangkan Hamdiah dari Dapil V Kecamatan Loa Kulu dan Loa Janan. Lalu Sarpin dari dapil VI Muara Muntai, Muara Wis, Kota Bangun, Kenohan, Kembang Janggut dan Tabang.

Sedangkan Khoril Mashuri di dapil II, meliputi Kecamatan Sebulu, Muara Kaman dan Tenggarong Seberang. Terakhir Suryono, duduk di kursi DPRD Kukar dari dapil III, meliputi Kecamatan Anggana, Muara Badak dan Marang Kayu. Sehingga kursi yang gagal diraih PKB Kukar adalah dapil IV meliputi Kecamatan Samboja, Muara Jawa, dan Sanga-Sanga. []

Penulis: Fajar Hidayat | Penyunting: Hadi Purnomo

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa