Sarkowi V Zahry: Infrastruktur Darat Perlu Ditingkatkan

 

SAMARINDA – Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sarkowi V Zahry meminta pembangunan infrastruktur darat yang menjadi tanggung jawab Dinas Perhubungan perlu ditingkatkan.

Hal itu disampaikan Sarkowi V Zahry pada momentum peringatan Hari Perhubungan Darat Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 November. Peningkatan infrastruktur darat itu bertujuan mendorong berkembangnya transportasi darat yang ada di Indonesia, jika transportasi darat berkembang dan maju tentu sangat menunjang peningkatan mobilitas masyarakat.

Sarkowi V Zahry

“Banyak infrastruktur terkait dengan Dinas Perhubungan masih perlu ditingkatkan karena perkembangan ke depan semakin maju, ada Ibu Kota Negara, akses-akses perhubungan yang terdapat dalam program visi misi gubernur supaya lebih diseriusi lagi sehingga ada peningkatan akses perhubungan baik dari sisi kuantitas maupun kualitas,” kata politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini kepada wartawan, beberapa waktu lalu (23/11/2022).

Sarkowi V Zahry melanjutkan, transportasi umum juga perlu ditingkatkan kelayakannya sehingga ke depan akan bisa mengurangi kepadatan lalu lintas. Ia berharap, pembangunan infrastruktur mengarah kepada energi baru terbarukan.

“komitmen menggunakan bahan bakar non fosil harusnya juga bisa sampai ke daerah dan semangatnya di pusat sudah mulai masuk ke daerah, termasuk kendaraan listrik, dengan momentum hari perhubungan darat supaya lebih mulai ditindaklanjuti dalam bentuk langkah-langkah yang terukur,” papar anggota dewan yang akrab disapa Sarkowi ini.

Sarkowi juga mengapresiasi Perusahaan Umum (Perum) Damri kantor cabang Samarinda yang telah membuka rute Balikpapan ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. “Sepanjang pelayanannya bagus dan secara regulasi memang memungkinkan maka bisnis perhubungan darat juga akan lebih berkembang,” ujar anggota legislatif dari daerah pemilihan Kabupaten Kutai Kartanegara ini.

Adapun tema Hari Perhubungan Darat Nasional 2022 adalah bangkit Maju Bersama. Tema ini diambil untuk mendorong sektor transportasi untuk bangkit lebih cepat setelah masa pandemi, dengan tema Bangkit Maju Bersama diharapkan dapat tercipta sinergi dan kolaborasi bersama antar pelaku industri perhubungan Indonesia untuk menghadapi tantangan yang akan datang. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Hadi Purnomo

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa