Samsun Utamakan Pertanian Ketimbang Tambang

Muhammad Samsun menghadiri Panen Raya di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur

 

PARLEMENTARIA KALTIM – Gabungan Kelompok Tani di Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar panen raya hasil program Makmur Idaman. Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Muhammad Samsun dan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah.

Muhammad Samsun

Samsun, sapaan wakil rakyat asal daerah pemilihan Kabupaten Kutai Kartanegara ini, menuturkan bahwa cadangan pangan di daerah atau lumbung pangan, maka harus ada pemetaan yang tepat sasaran antara potensi daerah dan segmentasi pertanian yang cocok.

Ia mencontohkan Desa Sumber Sari dengan segmentasi pertaniannya adalah padi, maka fokus untuk pertanian padi, jangan program yang lain. Apalagi alih fungsi menjadi pertambangan. Ia bersyukur bahwa masyarakat Desa Sumber Sari tetap teguh dan bertahan untuk tidak ditambang, sehingga advokasi dari tahun 2013 lalu olehnya tidak sia-sia.

“Kami mendorong pemerintah provinsi untuk betul-betul memperhatikan irigasi di lahan-lahan pertanian kita. Boleh kita membangun infrastruktur tetapi tetap mengacu pada infrastruktur program ketahanan pangan,” ungkap politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini di hadapan para petani, Kamis (23/02/2023).

Selama ini tak hanya Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang telah memperhatikan para petani di Desa Sumber Sari, selaku wakil rakyat Samsun juga telah banyak memperjuangkan kepentingan para petani melalui program pokok-pokok pikiran dan penyerapan aspirasi. Hasil kerja Samsun berupa bantuan bibit, bantuan alat pertanian, hingga program pertanian jangka panjang telah banyak dinikmati para petani.

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Adi Purnomo memaparkan bahwa hasil panen yang sempat menurun pada Tahun 2020 mulai bangkit pada tahun 2023. Semua atas bantuan berbagai pihak, terutama para pejabat daerah dan wakil rakyat, khususnya Muhammad Samsun yang dinilai telah banyak memberikan sumbangsih terhadap kemajuan pertanian daerah. []

Reporter: Fajar Hidayat | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com