Berharap Otorita IKN Biayai Pariwisata Samarinda

PARLEMENTARIA SAMARINDA – Pengembangan Kota Samarinda sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), termasuk sektor pariwisata, membutuhkan anggaran yang sangat besar. Harapannya, pembangunan infrastruktur pariwisata Samarinda mendapatkan sokongan dari Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Fuad Fakhruddin

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda Fuad Fakhruddin. “Saat ini, Pemkot Samarinda terus mendesain kawasan pariwisata di Samarinda seperti salah satunya kawasan teras Tepian Mahakam. Ke depan, harapan kita program tersebut jadi program badan otorita, termasuk pembiayaannya,” kata Fuad Fakhruddin, Jumat (28/04/2023).

Fuad, sapaan wakil dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini menilai peningkatan infrastruktur pariwisata tentunya sangat penting dilakukan, terlebih dengan adanya perpindahan IKN ke Kaltim. Pariwisata yang dibangun adalah yang menonjolkan kearifan lokal, gabungan kearifan lokal dan nasional, dan memenuhi standar internasional.

“Kalau untuk Samarinda kita akan dorong sektor pariwisata. Seperti program pemerintah kota untuk merealisasikan penataan teras Samarinda. Jadi nanti saat warga luar daerah masuk ke Samarinda langsung disuguhi dengan wisata yang indah,” kata Fuad.

Menurutnya, sektor pariwisata juga memiliki potensi yang besar untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Samarinda ke depan, seiring dengan meningkatnya jumlah warga yang berkunjung. “Ini peluangnya cukup besar untuk meningkatkan PAD. Jangan salah, sekarang Samarinda sudah melampaui Balikpapan. Ini tentu menjadi pemicu semangat kita, dari DPRD pastinya terus mendukung program pemerintah terutama yang memiliki dampak positif terhadap kemajuan daerah,” terangnya. []

Penulis: Fajar Hidayat | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com