Diiringi Rintik Hujan, Festival Budaya Nusantara Dibuka Dengan Kirab Budaya

TENGGARONG – HUJAN yang turun Minggu (07/07/2024) pagi ini, tak mengurangi semangat peserta Kirab Festival Budaya Nusantara untuk tetap mengikuti kegiatan tersebut.

Meski cuaca tak bersahabat, masyarakat tetap antusias mengikuti jalannya Kirab Budaya yang menjadi agenda pembuka Festival Budaya Nusantara yang dilaksanakan di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mulai tanggal 7 hingga 13 Juli 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kukar Sugiarto memberikan apresiasi kepada peserta kirab dan masyarakat yang tetap antusias mengikuti jalannya kegiatan tersebut meski hujan membasahi Bumi Tenggarong sejak pagi.

“Pengunjung banyak, begitu pula dengan pedagang yang berjualan. Meskipun hujan, antusiasme masyarakat sangat luar biasa,” ujarnya ditemui beritaborneo.com di lokasi acara Halaman Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Tenggarong, Minggu(07/07/2024).

Sugiarto menjelaskan, Festival Budaya Nusantara tahun 2024 ini melibatkan 42 kontingen dari beberapa provinsi, kabupaten, serta kecamatan. Tujuannya adalah untuk mendukung suksesnya kegiatan dan memperkenalkan budaya lokal kepada masyarakat luas.

“Kami ingin menunjukkan budaya nusantara, bahasa, dan tradisi lokal kepada masyarakat luas dan sekitarnya,” ujarnya.

Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kukar. “Dengan kegiatan ini, kami harap bisa meningkatkan hubungan wisatawan sebanyak mungkin sehingga mampu membantu ekonomi lokal,” ucap Sugiarto.

Dia juga menyebutkan pentingnya melakukan evaluasi terhadap kegiatan ini. “Nanti kami coba untuk melakukan evaluasi, mencari hal-hal positif dan inovasi yang bisa kami kemas kembali di masa depan,” katanya.

 

Sugiarto berharap, kegiatan tersebut bisa menjadi agenda tahunan yang dikenal luas oleh masyarakat. Selain juga mampu meningkatkan ekonomi lokal dan memperkenalkan budaya nusantara ke masyarakat luas.

“Harapan untuk kegiatan tahun ini, semoga masyarakat bisa mengetahui kondisi Kabupaten Kukar dengan lebih baik,” tutupnya. []

Penulis: Nur Rahma Putri Aprilia | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com