Jokowi Berkantor di IKN hingga Oktober 2024, Bandara IKN Mulai Dioperasikan

IBU KOTA NUSANTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bisa rampung total pembangunannya pada Desember 2024. “Tapi selesainya masih nanti akhir Desember, akan selesai semuanya. Baik terminal, runway-nya benar-benar sudah di panjang 3.000,” kata Jokowi dalam groundbreaking Teras Kota IKN By Plataran di IKN, Kaltim yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (25/9).

Jokowi berharap Bandara IKN bakal meningkatkan jumlah orang yang menuju ke IKN. Menurutnya, pesawat-pesawat berukuran besar nantinya bisa mendarat di bandara baru itu.

“Jadi pesawat berbadan lebar bisa turun di IKN,” lanjutnya.

Jokowi menceritakan pengalaman pesawat kepresidenan yang ditumpanginya mendarat di Bandara IKN pada Selasa (24/9) kemarin. Ia mengatakan pesawat mendarat dengan ukup mulus dan lancar.

“Sudah kita lakukan pendaratan, setelah beberapa kali dicoba. Kemarin saya tanya ke Menteri Perhubungan, benar? Aman? Aman bener? Betul aman? Oke saya landing di Nusantara Airport. Begitu turun, ya runway-nya mulus. Semua lancar,” ujarnya.

Sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melakukan uji pendaratan perdana di Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis (12/9) lalu.

Hasilnya, pesawat jet longitude milik Balai Kalibrasi berhasil mendarat di runway Bandara IKN dengan selamat.

Adapun Jokowi kembali berkantor di IKN hingga tanggal 19 Oktober 2024, atau satu hari menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Selama masa berkantor di IKN, Jokowi juga tetap akan berkeliling melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Indonesia. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com