Sunday , December 17 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Balikpapan / Pelni Buka Rute Wisata ke Derawan

Pelni Buka Rute Wisata ke Derawan

 
Kapal Pelni

Kapal Pelni

BALIKPAPAN  -Setelah Raja Ampat dan Wakatobi, PT Pelni (Persero) akan menambah rute khusus wisata bahari. Kali ini ke Derawan melalui Pelabuhan Semayang. “Dijadwalkan dibuka pertengahan September tahun ini. Sekarang sedang dipersiapkan mekanismenya,” ujar General Manager (GM) Nawawi Kamarullah dijumpai di ruang kerjanya Kamis (7/5).

Rencana tersebut jelas menjadi kabar gembira bagi penikmat wisata bahari nasional. Utamanya masyarakat yang telah mendambakan kunjungan ke wisata bawah laut yang eksotik.

Salah satu dari KM Bukit Siguntang dan KM Binaiya dipersiapkan untuk melayani rute tersebut. Namun KM Binaiya yang paling memungkinan karena berdaya angkut 1.250 penumpang. Itu sesuai dengan geografis menuju Pulau Derawan yang menyusuri sungai. Otomatis kapal dengan muatan lebih kecil yang dapat mengakses. Sementara KM Bukit Siguntang berkapasitas 3 ribu penumpang.

Saat ini KM Binaiya melayani rute Balikpapan, Barru, Batulicin, Belang-Belang, Bontang, Sampit, Semarang, Surabaya dan Grogot.

Pembukaan rute ke tempat wisata yang banyak dikunjungi dimulai sejak awal tahun lalu. Merupakan pengembangan bisnis angkutan kapal laut PT Pelni. Sekaligus peran aktifnya mendukung potensi wisata dalam negeri. Saat ini perseroan juga menyiapkan pelayanan dengan mengoptimalkan kapal-kapal menuju ke daerah yang terdapat tempat wisata.

Sebagai terobosan baru dengan melayani permintaan penumpang ke tempat wisata di setiap provinsi di Indonesia. Targetnya tak hanya Raja Ampat dan Wakatobi.

Selain Derawan objek potensial lainnya yang juga akan dilayani yakni Karimun Jawa menyusul Labuan Bajo dan Bunaken. Hebatnya, untuk keperluan tersebut, Pelni tidak menggunakan kapal khusus wisata tapi menggunakan kapal penumpang reguler. Yang membuatnya istimewa, seluruh fasilitas penunjang selama perjalanan di atas kapal akan dioptimalkan.

Terpisah, Ketua Association of the Indonesia Tours and Travel (Asita) DPD Kaltim H Eddy Yusuf Assainar menyambut antusias dengan rencana tersebut. “Bagus, apalagi kalau di atas kapal didesain, ada fasilitas meeting dan hiburan,” ujarnya dijumpai dalam sebuah kesempatan di Hotel Pacific kemarin.

Harga tiket yang terjangkau dipastikan semakin mengungguli paket wisata tersebut.

Dia menerangkan, saat ini angka wisatawan ke Derawan terus meningkat. Saat ini, paket wisata ke Derawan berkisar Rp1,8 juta durasi 3 hari 2 malam. Sudah termasuk akomodasi, makan dan wisata ke 3 pulau yakni Kakaban, Maratua dan Sangkalaki. “Harga tiket pesawat kan sekarang tinggi. Kalau harga tiket kapalnya terjangkau jelas akan jadi pilihan utama,” jabarnya.

Pihaknya berharap Pelni mengandeng pelaku wisata untuk mengemas paket yang akan jual ke pasar domestik maupun internasional. ( Bp/
Irwanto )

1,516 total views, 0 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa