Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Pemangkasan Anggaran PU Pengaruhi Pembangunan

Pemangkasan Anggaran PU Pengaruhi Pembangunan

indexPemangkasan anggaran pembangunan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU), dipastikan berdampak bagi sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Kaltim, baik yang tengah dikerjakan maupun pembangunan yang akan berjalan. Diketahui ada sejumlah proyek di Kaltim yang mendapatkan sokongan dana dari APBN. Salah satunya, pembangunan pelebaran jalan penghubung Tenggarong- Loa Janan.

“Yang pastinya akan berdampak pada pembangunan sejumlah proyek di Kaltim, terutama pembangunan yang mengunakan anggaran APBN. Kalau ada pemangkasan yang jelas kita tidak bisa mendapatkan dana itu lebih besar, seperti yang kita inginkan atau malah tidak dapat,” kata anggota Komisi II DPRD Kaltim Hj.Puji Astuti, kemarin.

Ia menjelaskan, penurunan perekonomian juga berdampak di Kaltim sehingga pemerintah pusat dan provinsi melakukan pemangkasan anggaran di beberapa Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD). “Tahun 2013 perekonomian kita turun menjadi 13 persen, sekarang menjadi 12,5 persen ini dipengaruhi oleh harga batubara yang menurun,,” katanya.

Kementrian PU mendapatkan intruksi dari Presiden SBY  tentang langkah-langkah penghematan dan pemotongan belanja kementerian atau lembaga dalam rangka pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun Anggaran 2014, Nomor 4 Tahun 2014.

Berdasarkan lampiran Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2014, seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet,  tercantum rincian anggaran dari 86 Kementerian atau Lembaga (KL) yang harus dihemat.  “Total anggaran yang dihemat berdasarkan Inpres ini mencapai Rp100 triliun dari jumlah anggaran belanja kementerian  atau lembaga sebelumnya, yaitu Rp637,841 triliun,” sebutnya. [] RedFj/KK

About Nursiah Nursiah