Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Balikpapan / Pengumuman Adipura Diperkirakan 7-8 Juni

Pengumuman Adipura Diperkirakan 7-8 Juni

Kementerian Lingkungan Hidup akan mengumumkan hasil penilaian akhir Adipura Kencana pada minggu pertama Juni 2014 ini. “Kemungkinan tanggal 7atau 8 Juni 2014. Biasanya pak Walikota diundang langsung saat pengumuman di Jakarta,” ujar Kepala BLH Balikpapan, Ketut Astana, kemarin (2/6).
Sebelum pengumuman, jika dirasa belum cukup, walikota diundang dulu untuk mempresentasikan hasil yang dilakukan dan dicapai selama ini. “ Ya, mungkin tanggal 3 atau 4 Juni ini dipanggil ke Jakarta. Kalau itu dirasa masih kurang oleh pusat, ya,” ucapnya.
Dalam penalaian tim verikasi lapangan pada Senin (26/5) lalu, tim dari Kementerian LH dan PKK Pusat meminta kota Balikpapan agar melakukan program berkesinambungan dalam pencapaian selama ini. Termasuk melihat inovasi daerah dalam pengelolaan sampah.
“ Kalau kebersihan sudah jangan dikata lagi. Tidak ada yang kurang cuma kita diingatkan jangan berhenti sampai disini. Inovasi harus kita lakukan. Seperti pengolahan sampahnya, pemanfaatan gas metan kan selama ini baru 60 KK yang menikmati mungkin ditambah lagi jadi 80 KK atau berapa,” jelas Ketut.
“Secara fisik kita sudah oke, sudah diakui, tapi ke depan kita harus tingkatkan lagi bersama masyarakat. Kalau Adipura Kencana itu dia melihat inovasi dan bagaimana kesinambungan dari inovasinya itu jangan berhenti disitu. Sebab banyak daerah yang habis capai ini terus tidak dilanjutkan,”sambungnya.
Inovasi yang dilakukan pemerintah daerah diharapkan selain bermanfaat langsung bagi lingkungan juga bermanfaat bagi orang banyak. “ Kalau kita sudah melalakukan inovasi ini ya, harus digali lagi kelanjutanya. Dan ini harus didukung oleh semua stakeholder,”tukasnya.
Balikpapan, kata Ketut, masuk dalam perebutan piala Adipura Kencana bersama dua kota yakni Surabaya, Malang. “Ada harapan kita dapat tapi saya tidak ingin mendahului. Makanya mari sekarang kita berdoa bersama agar dapat mencapai hasil itu dengan baik. Bisa saja tiga kota ini mendapatkan Adipura Kencana. Kita tunggu aja,” katanya. [] RedFj/KK

About Nursiah Nursiah