Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Perangi dengan Cara Sederhana

Perangi dengan Cara Sederhana

imagesKESADARAN warga Kota Tepian terkait pola hidup sehat mencegah penyakit  diabetes patut diacungi jempol. Dalam jalan sehat bertajuk Diabetasol Fun Walk, di Kompleks Stadion Madya Sempaja, ribuan warga antusias melahap rangkaian kegiatan kerja sama antara Diabetasol dengan Borneo Enterprisindo (EO Kaltim Post) itu. Sejak pukul 07.00 pagi kemarin (8/6), warga sudah berkumpul. Kemudian mengikuti senam sehat, dilanjut jalan santai menyusuri Jalan PM Noor-KH Wahid Hasyim dan kembali ke Stadion Madya Sempaja.

Diabetasol Fun Walk itu bertujuan memberikan informasi dan edukasi terkait pentingnya hidup sehat bagi masyarakat mengenal serta menjaga diabetes. Selain senam dan jalan sehat, acara juga dirangkai dengan pemeriksaan kesehatan. Seperti cek gula darah. Dikatakan Yuli, salah seorang dokter yang memberikan pengarahan mengenai kesehatan menuturkan, Diabetes adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Jadi setiap orang harus mengenal dan mencegah diabetas.
Pada 2015, jumlah penderita diabetes di Indonesia diperkirakan terus meningkat. Untuk itu, Yuli mengajak peserta mengenali gejalanya yakni poly uri (banyak buang air kecil), poly phagy (banyak makan) dan poly dipsi (sering haus). “Bila mengalami gejala seperti itu, maka lebih baik memeriksa gula darah. Pemeriksaan secara acak, bila gula darah di atas 200 itu sudah dicurigai. Bila pemeriksaan setelah puasa gula darah di atas 126 itu juga sudah dicurigai menderita diabetes,” katanya.
Yuli menjelaskan bahwa Diabetasol punya konsep 3 J dalam mencegah diabetes.  Yakni atur jumlah makan, jenis makanan, dan jam waktu makan.  Jumlah makan yang berlebih akan menaikkan kadar gula darah. Sementara jenis makanan yang bervariasi akan mencukupkan kebutuhan gizi tubuh. “Pengaturan jadwal makan akan mendidik kita untuk disiplin dalam hidup sehat,” sebutnya.
Sutik Anik selaku koordinator kegiatan menuturkan, Diabetasol Fun Walk merupakan ajang yang memadukan kesehatan dengan hiburan. Sutik menjelaskan, Fun Walk ala Diabetasol mengajak dan mendidik masyarakat untuk bersama membiasakan diri berolahraga serta mengatur pola makan agar dapat mencegah penyakit diabetes. [] RedFj/KP

About Nursiah Nursiah