Selasa , Juli 23 2019
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Balikpapan / Pilpres, Polri Pastikan Netral

Pilpres, Polri Pastikan Netral

 
pilpres-polri-pastikan-netralPolda Kaltim akan menggelar upacara peringatan HUT ke-68 Polri di halaman Mapolda, Jalan Syarifuddin Yoes, Balikpapan, pagi ini. Kapolda Kaltim Irjen Dicky D Atotoy akan bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam acara yang dikemas sederhana itu.

Tema yang diambil yakni “Sinergitas Polisional Proaktif Guna Mewujudkan Kamdagri yang Mantap Dalam Rangka Suksesnya Pengamanan Pemilu 2014 dan Keberlanjutan Pembangunan Nasional”. “Sesuai arahan dari kapolri, untuk tahun ini kami melaksanakan kegiatan pembinaan tradisi Bhayangkara dengan sederhana. Namun tidak mengurangi makna dan keefektifan penyelenggaraan tupoksi Polri,” kata Kapolda.
Beberapa kegiatan seperti bakti kesehatan di lingkungan internal dan masyarakat, bakti sosial berupa pelayanan kepolisian, sebelumnya sudah dilakukan untuk memperingati ulang tahun tersebut.
Selain itu Dicky menegaskan, netralitas Polri di pemilihan presiden (pilres) kali ini, maupun kesiapan Polri pada Rencana Strategis III 2015-2019. “Kami juga terus meningkatkan aksesibilitas pelayanan Polri dan responsivitas dalam pemeliharaan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) dengan mengedepankan pencegahan preemtif, preventif, deteksi aksi dan kesiapan satuan Polri. Sehingga mampu menghadapi setiap perubahan situasi dalam pengamanan Pemilu 2014,” jelas jenderal bintang dua itu.

Anggota Polri juga diminta memantapkan integritas dan rasa kebanggaan sebagai insan Polri. Penolong, pelayan, sahabat masyarakat dan penegak hukum yang jujur, benar, adil, transparan serta akuntabel guna mewujudkan keamanan negeri dalam rangka keberlangsungan pembangunan nasional.

“Pengawasan terhadap program dan kegiatan serta penugasan anggota juga kami intensifkan. Agar mencapai target yang sesuai dengan pelaksanaan tugas dan meminimalisasi terjadinya penyimpangan,” ujar mantan kapolda Sulawesi Utara tersebut.

NAIK PANGKAT
Kemarin, 720 polisi yang bertugas di Kaltim menjalani kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Sebanyak 198 di antaranya bertugas di Polda Kaltim. Mereka terdiri dari 10 Komisaris Polisi (Kompol) yang naik menjadi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP). Ada juga perwira pertama dan brigadir.
Upacara kenaikan pangkat tersebut dipimpin Dicky. “Untuk yang bertugas di Polres, upacara dilakukan sendiri-sendiri,” ujar Kapolda setelah upacara, kemarin (30/6). Selain itu, dilakukan upacara Pataka Polda Kaltim oleh Kepala Denma Kompol Baroli di Ruang Mahakam Mapolda Kaltim.  [] RedFj/KP

1,146 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa