Wednesday , June 28 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Selatan / Banjarbaru / Pemerintah Harus All Out Atasi Kebakaran

Pemerintah Harus All Out Atasi Kebakaran

 

20150923Jokowi_tinjau_Hotspot_Kalsel-1

BANJARBARU – Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah “all out” dalam berupaya menanggulangi kebakaran hutan, lahan, dan semak di beberapa provinsi di Indonesia.

“Pemerintah “all out” dalam upaya menanggulangi kebakaran hutan dan lahan, semua unsur baik pemerintah maupun TNI/Polri diturunkan,” Kata Presiden di Banjarbaru, Kalsel, Pada Hari Rabu.(23/9).

Kehadiran Presiden di Banjarbaru dalam rangka melihat secara langsung kebakaran lahan dan meninjau titik api di kawasan Guntung Damar Kelurahan Guntung Payung, Landasan Ulin.

Ia mengatakan pemerintah sudah melakukan pengendalian kebakaran hutan dan lahan dengan menggerakan seluruh unsur baik pemerintah dan personel TNI/Polri.

“Kekuatan darat yang digerakkan baik dari BPBD, Manggala Agni dan unsur TNI/Polri yang diterjunkan untuk memadamkan kebakaran lahan dan hutan di daerah,” ungkapnya.

Ia mengatakan kekuatan personel TNI yang diturunkan sebanyak 2.159 orang ditambah prajurit dari Kostrad sebanyak 500 orang sehingga total sebanyak 2.659 personel.

Selain sumber daya manusia, pemerintah pusat juga menurunkan peralatan pesawat jenis CN 23 dan Cassa 212 melakukan modifikasi cuaca untuk membuat hujan buatan.

“Pesawat yang diterbangkan sudah menabur 200 ton garam agar hujan cepat turun terutama di provinsi yang kebakaran lahan dan hutannya tinggi seperti Sumsel dan Jambi,” sebutnya.

Selain itu, kata dia, pemerintah juga mengerahkan 17 helikopter yang melakukan pengeboman air (water bombing) pada titik api yang melanda lahan dan hutan terbakar.

Selain meninjau titik api di Guntung Damar, presiden juga melihat lokasi kebakaran lahan dan semak di Jalan Ahmad Yani Km 17 Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar.

Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana diagendakan mengikuti malam takbiran menyambut Idul Adha 1436 Hijriah di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Rabu malam.

Kemudian Kamis (24/9) pagi shalat Ied di Masjid Al Karomah pusat Kota Martapura, Kabupaten Banjar dan meninjau Kebun Raya di perkantoran Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

Kepala Negara didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei juga mendampingi Presiden. [] ANT

752 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : Media Maju Bersama Bangsa