Breaking News
Home / Berita Lainnya / Puskesmas Keliling di Palangka Raya Dimaksimalkan Untuk Korban Asap

Puskesmas Keliling di Palangka Raya Dimaksimalkan Untuk Korban Asap

 

20151028Tiur_Simatupang

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, terus memaksimalkan puskesmas keliling guna memantau dan melayani masyarakat yang terserang penyakit akibat kabut asap yang menyelimuti wilayah itu sejak beberapa bulan lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tiur Simatupang saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Rabu, mengatakan pelayanan puskesmas keliling sudah itu dilaksanakan, khususnya pada daerah yang jauh dari pusat layanan kesehatan.

“Saat ini kami tengah dilanda bencana kabut asap, untuk itu pelayanan puskesmas keliling itu dalam rangka memaksimalkan pencegahan dan pengobatan terutama bagi warga di daerah yang sulit dijangkau,” kata Tiur.

Ia mengatakan pelayanan kesehatan itu tidak dipungut biaya sehingga masyarakat jangan sampai tidak mau berobat bila terdampak kabut asap.

Selain puskesmas keliling, pemerintah “Kota Cantik” Palangka Raya dalam rangka meminimalkan dampak bencana kabut asap juga memberikan layanan gratis.

“Khususnya bagi penderita ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) di seluruh puskesmas telah memberikan layanan gratis dan kami juga mengoperasikan tiga puskesmas perawatan selama 24 jam,” tambah Wali Kota Palangka Raya Riban Satia.

Selain itu, pihaknya juga telah membuka dua rumah oksigen yang bertempat di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Palampang Tarung komplek kantor pemerintahan kota dan GPU Tambun Bungai di Jalan A Yani kota setempat.

“Di sana masyarakat juga mendapat layanan oksigen gratis selama 15-30 menit, tergantung kondisi yang bersangkutan. Caranya warga tinggal datang dan mendaftar pada petugas jika tidak antre langsung dilayani,” kata Wali Kota ke 11 Palangka Raya itu.

Ia pun berharap agar hujan terus turun di Palangka Raya dan Wilayah Kalimantan Tengah sehingga kebakaran hutan dan lahan yang menjadi penyebab bencana kabut asap segera berakhir. [] ANT

681 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About fajar

fajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa