Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Balikpapan / Ramah bagi Disabilitas dan Lansia

Ramah bagi Disabilitas dan Lansia

 
ramah-bagi-disabilitas-dan-lansiaPERTUMBUHAN hotel-hotel berbintang di Balikpapan sangat pesat dari tahun ke tahun. Namun, masih sedikit hotel yang menyediakan fasilitas ataupun kebijakan untuk memudahkan penyandang cacat (disabilitas) atau lanjut usia (lansia) saat datang menginap dan menggunakan fasilitas hotel.

Hotel Blue Sky Balikpapan telah menyediakan fasilitas berupa kamar untuk disabilitas dan lansia. “Khusus bagi setiap tamu penyandang cacat atau lansia, kami siapkan di lantai terdekat dengan area lobi di lantai 3. Selain itu, kami menyediakan fasilitas seperti kursi roda, hingga dokter on call yang bisa dihubungi sewaktu-waktu,” kata Public Relations Manager Hotel Blue Sky Balikpapan Bambang Heru.
Salah satu kamar di lantai 3 tersebut memang kami peruntukan bagi disabilitas dan lansia. Kamar tersebut letaknya tidak jauh dari lift sehingga tamu tidak jauh berjalan menuju kamarnya. Apabila terjadi keadaan darurat, akses untuk evakuasi juga mudah.
Di kamar mandi terdapat beberapa besi untuk berpegangan dan juga slipper yang berguna agar tamu tidak mudah terpeleset di kamar mandi. Ke depannya, kamar ini akan dilengkapi dengan panic button.
Jadi saat ada suatu keperluan, ujar dia, mereka cukup menekan tombol dan akan dilayani pihak hotel. Karena bukan tidak mungkin penggunaan telepon dengan nomor operator yang membingungkan.
Heru mengakui, sejauh ini tingkat hunian dari disabilitas dan lansia tidak terlalu banyak. Namun, pihaknya merasa bahwa kebijakan khusus untuk disabilitas tersebut diperlukan agar lebih mempermudah setiap aktivitas mereka.
Bahkan, jika tamu memiliki diet khusus, Blue Sky akan menyiapkan menu makanan khusus bagi lansia atau disabilitas. “Ini sebagai peran serta Hotel Blue Sky dalam mendukung pencanangan Balikpapan sebagai kota ramah lansia dan disabilitas,” pungkasnya. [] RedFj/KP

1,648 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About fajar

fajar
Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa