Sabtu , Agustus 17 2019
Breaking News
Home / Aneh & Lucu / Setelah 9 Tahun Perjalanan, Akhirnya Sampai Juga ke Planet Pluto

Setelah 9 Tahun Perjalanan, Akhirnya Sampai Juga ke Planet Pluto

 

New Horizon & Pluto

TAHU planet pluto? Planet yang dinilai sebagai penghuni terjauh setelah Neptunus di sistem solar matahari ini jaraknya dari bumi sekitar 4,8 miliar kilo meter (km). Sebuah wahana antariksa buatan manusia bernama New Horizon diberangkatkan dari bumi sejak 19 Januari 2006 silam. Dan Selasa, 14 Juli 2015, wahana berkecepatan 54 ribu km per jam tersebut akhirnya tiba di langit Pluto.

Ya, setelah mengarungi perjalanan selama sembilan setengah tahun, New Horizon akhirnya sampai di lintasan terdekat planet kerdil Pluto, di jarak hanya 12.500 km.

Seperti dilansir pimpinan Investigasi New Horizon, Alan Stern kepada awak media, wahana berbiaya 700 juta dollar Amerika Serikat itu telah tiba di lintasan Pluto. Kunjungan New Horizon ke Pluto tak lain untuk menyibak berbagai misteri planet terjauh di sistem tata surya matahari ini.

Foto-foto menarik Pluto pastinya didapatkan. Namun, misi New Horizon bukan hanya Pluto, melainkan juga lima bulannya, yaitu Charon, Styx, Nix, Kerberos, dan Hydra. “Saya tak sabar melihat data dan menganalisisnya. Sekarang, kami seperti hanya berdiri di air terjun dan melihatnya,” kata pemimpin investigasi New Horizon, Alan Stern.

New Horizon yang bergerak dengan kecepatan sekitar 49.800 kilometer per detik dan tiba di Pluto pada Selasa (14/7/2015) ini sekitar pukul 18.49 WIB.  Namun demikian, konfirmasi sampainya New Horizon baru bisa didapatkan sekitar 13 jam kemudian, pada Rabu (15/7/2015) pukul 07.53 WIB.

Misi melintas di dekat Pluto ini terbilang sulit karena New Horizon harus berada di jalur yang tepat sehingga semua misinya tercapai. Tanpa jalur dan waktu yang tepat, misi New Horizon akan sia-sia karena kemungkinan wahana hanya memotret ruang angkasa yang gelap.

New Horizon harus melewati sebuah “terowongan kunci” yang ukurannya hanya sepanjang 100 kilometer dan selebar 150 kilometer. Stern mengungkapkan bahwa timnya tidak akan merayakan kesuksesan New Horizon sebelum wahana itu mengirim sinyal ke Bumi tanda sudah sampai.

Misi New Horizon diharapkan mampu menguak wajah dan lingkungan Pluto yang hingga saat ini masih misterius. Beberapa hari lalu, New Horizon mengungkap adanya “paus”, sebuah fitur gelap di ekuator Pluto. Diharapkan, New Horizon mampu mengungkapnya. [] BBC

159 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa