Breaking News
Home / Budaya / Tari Ganjar Ganjur Menyambut Tamu Dari 13 Negara

Tari Ganjar Ganjur Menyambut Tamu Dari 13 Negara

 

EIFAF2015-Kedaton3

KUTAI KARTANEGARA – Tarian Ganjar Ganjur disuguhkan para cucu Sultan Kutai H Adji Mohd Salehoeddin II untuk menyambut kedatangan ratusan delegasi dari 13 negara peserta Erau International Folk Arts Festival (EIFAF) 2015 saat berkunjung ke Kedaton Kutai Kartanegara, Tenggarong, Selasa (9/6) lalu. Selain berkunjung, mereka juga diberikan kesempatan bertatap muka dan berbicang dengan sultan bersama kerabat.

Kunjungan silaturahmi di Kedaton tersebut diakhiri dengan tukar menukar cenderamata antara Sultan Kutai dengan pimpinan delegasi masing-masing negara peserta EIFAF 2015. Sultan H Adji Mohd Salehoeddin II menyerahkan kenang-kenangan berupa replika patung Lembuswana kepada delegasi mancanegara serta Presiden CIOFF Indonesia, Said Rachmat.

Sementara cenderamata yang diterima Sultan Kutai dari delegasi asing bentuknya bermacam-macam. Ada buku, plakat, boneka dengan busana tradisional Slovenia, keramik kecil dari Rusia, cokelat, anggur putih dari 2 negara Eropa Timur, lonceng kecil dari Korea hingga sebuah alat musik ukulele dari Hawaii serta pernak-pernik lainnya.

Pimpinan delegasi Amerika Serikat dari grup Ahuna Ohana Hawaii, Joseph Ohana, mengaku terkesan dengan keramah-tamahan Sultan HAM Salehoeddin II serta kekayaan seni budaya warisan Kesultanan Kutai yang masih terjaga hingga saat ini. “Saya sangat terkesan bisa bertemu Sultan. Beliau sangat ramah dan baik. Selain itu saya sangat kagum karena tradisi seni budaya disini masih bertahan dengan baik. Karena di dunia modern saat ini sudah banyak yang melupakan tradisi,” ujar Joseph.

EIFAF2015-Kedaton5

Senada dengan Joseph, pimpinan delegasi kesenian Turki, Ferhat Karakoyun, mengaku sangat senang bisa bertemu dan bahkan berbincang-bincang akrab dengan Sultan Kutai. “Saya kaget ternyata Sultan bisa berbahasa Belanda. Dan saya sendiri memang bisa berbahasa Belanda karena saya dilahirkan dan tinggal di Belanda. Jadi senang sekali bisa ngobrol dengan beliau,” kata Ferhat.

Usai tukar menukar cenderamata dengan Sultan Kutai, delegasi mancanegara secara bergantian foto bersama dengan Sultan HAM Salehoeddin II dan Putra Mahkota HAP Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat. Delegasi asing peserta EIFAF 2015 juga tak menyia-nyiakan kunjungan mereka ke Kedaton untuk foto bersama dengan para penari keraton maupun pemain gamelan. Sebelum meninggalkan Kedaton, mereka juga tampak antusias foto bareng di depan istana kedua Sultan Kutai itu. [] KKR

1,521 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

About adminredaksi

adminredaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa