Tiga Pesilat Kukar Ukir Prestasi di Pra Popnas Zona IV

Tiga pelajar asal Kukar sukses sumbang medali emas, perak dan perunggu bagi Kaltim di ajang Pra Popnas Zona IV.

 

SAMARINDA – Tiga orang pelajar yang merupakan atlet silat asal Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil mengukir prestasi di ajang Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Pra Popnas) yang digelar di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Ketiga pelajar tersebut adalah M. Ridho Atsal dan Akbar Samudera P yang merupakan pelajar Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kaltim, serta Novia Safitri Listiyana, pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tenggarong.

Mahmudin, Sekretaris Pengcab IPSI Kukar

Sebagaimana diungkapkan Mahmudin, Sekretaris Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kepada Berita Borneo, Sabtu petang (15/09/2022),  M. Ridho Atsal  berhasil meraih medali emas, Akbar Samudera P berhasil menyabet medali perak dan Novia Safitri Listiyana memperoleh medali perunggu.

“Alhamdulillah dari Kukar menyumbangkan satu Emas, satu Perak, Satu Perunggu untuk Kaltim,” ujar Mahmudin.

Menurut Mahmudin, keberhasilan pesilat pelajar Kukar memperoleh medali berkat pembinaan yang intensif yang dilakukan Pengurus Cabang IPSI Kukar, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kukar, dan Pemerintah Kabupaten, khususnya Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kukar.

Pergeralaran Pra Popnas sendiri berlangsung dari 9 hingga 16 September 2022 dimana Kaltim menjadi tuan rumah Zona IV yang diikuti 7 provinsi, yakni Kaltim selaku tuan rumah, Jawa Timur (Jatim), Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat dan, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sementara cabang olahraga yang dipertandingkan yakni, Tinju, bola voli, pencak silat, bola basket, sepak takraw, sepakbola, tenis (beregu), dan bulutangkis (beregu).

Di akhir perhelatan, Kaltim selaku tuan rumah, harus puas menjadi juara di urutan ketiga. Di urutan kedua adalah NTT dan juara umumnya adalah Jatim.

Dominasi Jatim memang sudah diprediksi. Jatim unggul di hampir semua cabang olahraga. Di setiap Pra Popnas, Jatim juga sering jadi juara umum. Namun kerja keras Kaltim juga tidak bisa dibilang tidak membuahkan hasil, karena berada di urutan tiga besar sudah merupakan pencapaian luar biasa. []

Reporter: Anggi Triomi
Editor: Hadi Purnomo

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.