Saturday , October 21 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Selatan / Banjarmasin / Wilayah Kalsel Masin Diselimuti Kabut Asap

Wilayah Kalsel Masin Diselimuti Kabut Asap

 

20141017sarat-penumpangherry-murdy15102014-2

BANJARMASIN – Kabut asap kembali menyelimuti beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan, setelah  sempat menghilang sekitar tiga-empat hari lalu.

Pantauan Antara Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu (08/11), kabut asap menyelimuti sebagian wilayah atau pinggiran kota Banjarmasin pada pagi hari.

Begitu pula kabut asap menyelimuti sebagai wilayah Kecamatan Sungai Tabuk dan Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar hingga siang hari atau sekitar pukul 10.00 wita.

Selain itu, sebagian wilayah Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala (Batola), seperti terlihat di jalan lingkar utara atau Jalan Syarkawi yang menghubungkan dengan Kecamatan Sungai Tabuk dan Gambut.

Namun kabut asap yang menyelimuti sebagian wilayah Kalsel tampak tipis, sehingga tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas, baik angkutan darat dan sungai maupun udara, karena jarak pandang bisa terlihat dari kejauhan.

Tapi masih rentan terjadi kebakaran lahan, karena semak belukar yang mengering, sehingga sedikit saja ada kelalaian, seperti membuang puntong rokok sembarangan, maka bisa terbakar.

Pasalnya guyuran hujan beberapa hari belakangan belum merata dan hanya sebentar, sehingga sumur dalam juga masih banyak yang kering, seperti pada sebagian wilayah Kota Banjarbaru.

Informasi serupa dari daerah hulu sungai atau “Banua Anam” Kalsel yang meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Kabupaten Tabalong.

Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Banua Anam itu juga belum mengairi sawah, dan lahan persawahan masih kering kerontang, seperti terlihat pada kanan-kiri sepanjang jalan ke arah hulu sungai tersebut. [] ANT

539 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa