Minggu , Agustus 18 2019
Breaking News
Home / Tips Sehat / Awas, Jangan Tidur Pakai Lensa Kontak!

Awas, Jangan Tidur Pakai Lensa Kontak!

 

lensa kontak

SEORANG lelaki menjadi buta setelah dia tidur dengan memakai lensa kontaknya. Untuk mencegah kasus baru seperti yang dialaminya terjadi lagi, dia pun bercerita tentang penderitaan yang dialaminya.

Chad Groeschend (39) adalah seorang pematung dari Cincinnati, Amerika Serikat. Dia memutuskan untuk mengunjungi dokter setelah matanya terasa gatal. Dia sadar kondisi matanya semakin serius ketika suatu pagi dia terbangun dengan rasa sakit yang parah dan mengalami hampir kebutaan total pada mata sebelah kirinya.

Seorang dokter spesialis mata mengatakan, matanya mengalami infeksi parah akibat bakteri pseudomonas. Penyebabnya diduga karena tidur dengan memakai lensa kontak. Chad mengatakan bahwa dia hanya melepas lensa kontak dari matanya seminggu sekali.

Gambar mata Groeschen menunjukkan pupil matanya yang keruh oleh selaput abu-abu, bagian matanya yang berwarna putih berubah menjadi merah.

“Jenis lensa kontak yang saya pakai disebut lensa kontak Pagi dan Malam. Saya menganggap saya bisa membiarkannya selama 30 hari berturut-turut,” kata Chad seperti dilansir dari laman Independent. “Saya menduga, semakin sedikit saya berurusan dengan mata saya, maka lebih baik.”

Chad sekarang membutuhkan transplantasi kornea untuk mendapatkan kembali penglihatannya. Dia mendesak orang-orang untuk menjaga kebersihan mata dengan sempurna.

Studi yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan, mayoritas sekitar 41 juta pemakai lensa kontak di Amerika Serikat melakukan, setidaknya satu hal tindakan yang menyebabkan penglihatan mereka berisiko.

Lebih dari 99 persen dari 1000 pemakai lensa kontak yang berpartisipasi dalam penelitian ini melaporkan setidaknya satu perilaku berisiko.  Sekitar 81,3 persen dari peserta memakai lensa kontak lebih lama dari yang direkomendasikan. Sementara, lebih dari 50 persen peserta memakai lensa di saat tidur.

“Penglihatan yang baik berkontribusi terhadap kesejahteraan dan kemandirian orang-orang dari segala usia. Jadi, penting bagi setiap orang untuk menjaga dan merawat lensa kontak yang sehat,” kata Epidemiologis Medis CDC, Jennifer Cope.

Berikut saran untuk mencegah infeksi mata menurut CDC:

– Cuci tangan dengan sabun dengan sabun dan air. Keringkan dengan baik sebelum menyentuh lensa kontak.

– Lepas lensa kontak sebelum tidur, mandi, atau berenang.

– Gosok dan bilas lensa kontak dalam cairan disinfektan setiap kali lensa kontak dilepaskan.

– Gosok dan bilas tempat lensa kontak, keringkan dengan tisu bersih dan simpan dalam posisi terbalik tanpa ditutup setelah penggunaan.

– Ganti tempat lensa kontak setidaknya satu kali setiap tiga bulan.

– Hindari menambah cairan di tempat lensa kontak (menambah cairan baru ke cairan lama).

– Bawalah kacamata cadangan berjaga-jaga jika lensa kontak harus dilepas.

[] CI

2,129 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa