Tuesday , December 19 2017
Breaking News
Home / Berita Lainnya / BSW Kalimantan I Bantah Proyek Turap Kapuas Ada Penyimpangan

BSW Kalimantan I Bantah Proyek Turap Kapuas Ada Penyimpangan

 

Kantor Balai Sungai Wilayah (BSW) Kalimantan I Jalan M. Sood No. 6 Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat.

PONTIANAK-Proyek pekerjaan tebing turap Sungai Kapuas tahun anggaran 2017 menyisakan persoalan yang diduga ada keterlambatan serta sarat penyimpangan, proyek yang bernilai Rp.7,6 milliar lebih tersebut seharusnya dikerjakan 210 hari kalender, namun hingga sekarang faktanya dilapangan masih proses pengerjaan.

Menurut sumber yang enggan disebutkan namanya, pelaksana pekerjaan adalah PT.Wirata Daya Muktitama, sementara Konsultan Supervisi yaitu dari CV. Zamrud Griya Kreasitama, namun sangat disayangkan dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut diduga terlambat, serta disinyalir sarat dengan penyimpangan, dikarenakan dalam pekerjaannya yang menghabiskan dana hingga miliaran rupiah itu dipertanyakan berapa pihak.

“Apakah dana Rp.7 milyar lebih itu tidak terlalu besar,pekerjaan pembangunan turapnya  hanya 100 meter lebih saja,’’kata sumber tersebut, seraya menirukan warga yang mempertanyakan.

Sementara itu, Kepala Balai  Sungai Wilayah (BSW) Kalimantan I Provinsi Kalbar melalui Erwin PPTK pada mengatakan proyek pekerjaan penguatan tebing Sungai Kapuas sepanjang 150 meter yang  pekerjaannya dimulai pada tanggal 16 Januari sampai 16 Agustus 2017 ini sudah sesuai dengan anggaran yang tertera dikontrak.

“Memang ada dua addendum dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut, dimana addendum pertama pada tanggal 14 Agustus 2017 selama 30 hari kalender, kemudian dilakukan lagi addendum kedua yaitu pada tanggal 15 September 2017 selama 30 hari juga, dan setelah pada tanggal 16 Oktober 2017, ada masa pemeliharaannya selama 180 hari kalender kedepan, lalu setelah itu hasil dari pekerjaan perkutan tebing Sungai Kapuas yang sudah dinyatakan rampung, baru diserahkan ke Pemerintah Kota Pontianak,’’tegas Erwin ditemui wartawan, Kamis (26/10) di ruang kerjanya.

Erwin yang didampingi Arif selaku Pengawas Pekerjaan perkuatan tebing tersebut menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan penguatan tebing itu, untuk panjang papan turabnya 17 meter, sedangkan untuk tiang pancang 12 meter yang mana barang ini didatangkan dari Jakarta. Kemudian untuk lebar turabnya 1 meter yang sudah terpasang sebannyak 150 batang, dan tiang pancang berdia meter 50 cm terpasang 3 sambung yang berjumlah 153 batang.

“Jadi dalam pekerjaan perkuatan tebing Sungai Kapuas Kota Pontianak tahun 2017itu kita mengacu dalam kotrak, kilahnya.(rac/lay)

204 total views, 0 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa