Breaking News
Home / Berita Lainnya / Desa Sungai Bakau Besar Darat Jadi Percontohan Penanaman Bawang Merah

Desa Sungai Bakau Besar Darat Jadi Percontohan Penanaman Bawang Merah

 

Lahan Percontohan Bawang Merah dan Bawang Putih di Desa Sungai Bakau Darat Besar.Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah

MEMPAWAH-Areal lahan yang  luasnya  lima hektar untuk percontohan pembibitan bawang merah dan bawang putih sangat diacungkan jempol. Itu tidak terlepas ide brilian Kepala Desa Sungai Bakau Besar Darat, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Ambo Dalle.

Menurut Ambo Dalle, pelatihan di Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya pada September 2016 silam membuahkan hasil dan pengalaman tentang bagaimana mengelola tanah gambut agar bisa menanam bibit bawang merah dan putih hingga menghasilkan buah yang baik.

“Waktu pelatihan  saya ikut serta langsung bersama  kepala desa lainnya,’’Kata Ambo Dalle disela-sela penanaman perdana bawang merah, Jum’at (2/2).

Kata Ambo Dalle, jika dalam uji  coba ini berhasil maka akan kami buat usaha pertanian bawang untuk pertama  di Kabupaten Mempawah. Awalnya setelah pelatihan terniat dan terdorong untuk berusaha menanam bibit bawang merah yang bibit tersebut dipesan dipulau Jawa dengan harga perkilo bibit  seharga Rp 55 ribu, jumlah bibit tersebut 600 kg  bawang putih 2 kg  ditambah lagi pembiayaan yang tak terduga  biaya penebasan lokasi areal kebun  yang di garap.

“Total modal diperkirakan kurang lebih puluhan juta rupiah,’’jelas Ambo Dalle.

Ambo Dalle berharap percontohan tanaman bawang merah dan putih bermanfaat untuk merubah warga Desa Sungai Bakau Besar Darat hingga  nantinya tidak hanya petani kelapa, pisang dan hasil petani alam lainnya.

Namun juga ada hasil petani bawang untuk mencukupi kebutuhan  bawang di daerah Mempawah khususnya, kalaupun lebih panennya tentu bisa dijual daerah lain (Ahmad Johandi.)

890 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About Biro Kalbar

Biro Kalbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa