Friday , October 20 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Tengah / Barito Utara / Jarak Pandang di Muara Teweh Hanya 40 Meter

Jarak Pandang di Muara Teweh Hanya 40 Meter

 

438587_620

BARITO UTARA – Kabut asap akibat kebakaran lahan yang melanda wilayah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, masih tebal dengan jarak pandang hanya 40 meter pada Sabtu pagi (17/10).

“Kabut asap pagi ini masih pekat disertai dengan embun sehingga jarak pandang sangat terbatas dan membuat sesak napas seta mata perih,” kata seorang warga Muara Teweh, Bram, Pada Hari Sabtu (17/10).

Kabut asap ini sudah mengganggu aktivitas masyarakat, karena kabut sudah masuk rumah sehingga warga dalam rumah terganggu.

“Selain tercium kabut asap yang tidak enak, juga bau batu bara yang terbakar terbawa angin ke pemukiman warga sehingga sangat mengganggu kesehatan,” ujarnya.

Kepala Kelompok Tenaga Teknis pada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Muara Teweh, Sunardi, mengatakan jarak pandang permukaan pada Sabtu pagi mencapai 40 meter.

Kabut asap ini masih parah dibanding Jumat (16/10) sore dengan jarak pandang sekitar 70 meter.

Sementara Sekretaris Manggala Agni Pada Kantor Seksi Konservasi Wilayah IV Muara Teweh, Aswaludin mengatakan titik panas di wilayah Barito Utara sampai Jumat (16/10) malam yang dideteksi satelit Terra/Aqua (NASA) ada dua titik panas.

“Sebelumnya titik panas itu di wilayah Barito Utara, sempat Nihil, namun kemarin muncul lagi.Kabut asap ini juga diperkirakan kiriman dari daerah lainnya diduga dari arah Selatan,” katanya. [] ANT

524 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa