Rabu , November 21 2018
Breaking News
Home / Kalimantan Barat / Kades Sungai Enau Sebut Peran Pemuda Sangat Strategis

Kades Sungai Enau Sebut Peran Pemuda Sangat Strategis

 

Dialog KPMD dan Pemuda, yang bertajuk “Peran Serta Pemuda Dalam Membangun Desa” diselenggarakan oleh Pemuda Desa Enau, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (18/1) (Foto:Mulyadi)

KUBU RAYA-Pemerintahan Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimanatan Barat, adakan dialog KPMD dan Pemuda, yang bertajuk “Peran Serta Pemuda Dalam Membangun Desa”.

Menurut Kepala Desa Sungai Enau, Rajali, kokohnya pembangunan suatu desa tidak  lepas dari peran organisasai pemuda. Karena tahu bahwa peran organisasi pemuda sangat membantu dalam proses membangun potensi kinerja pembangunan suatu desa. “Jika suatu organisasi yang dibenahi oleh pemuda baik, maka desa terdebut akan maju dan sejahtera,’’Rajali di ruang kerjanya Kamis (18/1).

Terkait pelatihan dan pembinaan Kelompok pemuda Desa Sungai Enau memang pemuda yang mempunyai potensi untuk memperjuangkan Desa Sungai Enau kedepannya, supaya lebih baik dan membangun desa, pesertanya dihadiri dari perwakilan sekolah, dari Karangtaruna, dan dihadiri pemuda  setiap dusun.

Dalam hal ini saya selalu mendorong terhadap pemerintahan Desa Sungai Enau khususnya kepada Karangtaruna agar mereka lebih baik, dan berupaya membuat pogram-program sifatnya pemberdayaan, dalam pengkajian di desa, nanti program yang diusulkan oleh pemuda tersebut sifatnya berkelanjutan.

Supaya bisa dikembangkan dan mendrongkrak perekonomian masyarakat itu sendiri khususnya kepada Karangtaruna. “Saya sebagai kepala pemerintahan desa siap untuk memberi bantuan, karena karangtaruna salah satu organisasi pemuda yang wajib ada setiap desa,’’ujar Rajali.

Bahkan hal ini karangtaruna Desa Sungai Enau, salah satu karangtaruna yang mempunyai nama baik di tingkat Kabupatenkata Rajali.

Masih menurut Rajali, karangtaruna Desa Sungai Enau sudah lama dibentuk, sebelum saya menjabat. Kalau untuk kelompok pemuda baru saja dibentuk, belum merata setiap dusun, baru ada beberapa dusun yang sudah tergabung. Terbentuknya kelompok pemuda untuk Desa Sungai Enau direspon positif oleh pemuda Desa Sungai Enau.

Kalau program-program karangtaruna yang sudah berjalan sekarang salah satunyaa, dibidang pertanian, dan olah raga. Munculnya kelompok pemuda ini yang jelas tetap ada prokontra, Rajali menyebutkan,”sedangkan tujuan pemerintah pusat yang diamanatkan, untuk pemberdayaan itu, desa bisa membangun,” diberdayakan kepada pemuda karena pemuda salah satu terobosan untuk membangun desa.

“Saya berharap pembinaan terhadap masyarakat meliputi kegiatan keagamaan, kegiatan sosial budaya dan pelayanan kesehatan, pelayanan masyarakat meliputi pelayanan di bidang pertanian, kesehatan dan perekonomian, sedangkan pengembangan masyarakat lebih banyak difokuskan pada pengembangan SDM melalui pembangunan,’’pungkasnya. (Mulyadi)

42 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa