Breaking News
Home / Hotnews / Konflik Somalia Tewaskan Anggota Dewan

Konflik Somalia Tewaskan Anggota Dewan

 

Saado Ali Warsame shot deadKelompok militan Islam Somalia, al-Shabab, mengatakan bertanggung jawab atas penembakan musisi dan anggota parlemen, Saado Ali Warsame, di ibukota Mogadishu.

Polisi mengatakan Saado Ali Warsame dan supirnya dibunuh ketika mobilnya diserang oleh sekelompok pria bersenjata, Rabu 23 Juli waktu setempat.

Musisi ini terkenal pada tahun 1980-an, merupakan satu dari segelintir pemusik perempuan Muslim yang tampil di depan umum tanpa menggunakan penutup kepala.

Dia sempat mengasingkan diri ke Amerika Serikat hingga tahun 2012 dan kembali ke Mogadishu sebagai anggota parlemen.

Pemerintah Amerika Serikat mengecam pembunuhan tersebut dan menyebut kematiannya merupakan satu kehilangan besar bagi warga Somalia di seluruh dunia.

Warsame merupakan anggota parlemen Somalia yang keempat yang tewas dibunuh sepanjang tahun 2014.

Milisi al-Shabab, yang memiliki kaitan dengan al-Qaida, kerap melancarkan aksi kekerasan di Somalia dan sudah menyatakan akan meningkatkan serangan selama bulan Ramadan.

Kelompok ini sempat menguasai ibukota Mogadishu namun berhasil disingkirkan pada tahun 2011.

Selain menyerang anggota parlemen -yang sering dilihat sebagai pilar demokrasi di negara itu- al-Shabab juga melancarkan serangan atas pejabat pemerintah, pasukan penjaga perdamaian Persatuan Afrika, maupun staf PBB. [] BBC

983 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

About adminredaksi

adminredaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa