Selasa , Juni 25 2019
Breaking News
Home / Berita Lainnya / Pemkab KKR Bantu RT Bangun Jalan Lingkungan

Pemkab KKR Bantu RT Bangun Jalan Lingkungan

 

Pelaksanan Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum Kubu Raya, Kus Agus Sarwanto, ST, MT memberikan keterangan pers kepada wartawan www.beritaborneo.com, Rabu (31/10) disela-sela acara sosialisasi di Aula Kantor Bupati Kubu Raya Jalan A. Ayani II (Foto:Mulyadi)

KUBU RAYA – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menyelenggarakan Sosialisasi kegiatan pembangunan jalan lingkungan pekerjaan belanja bahan baku bangunan (Imbal Swadaya) tahun anggaran 2017 bertempat di Aula Kantor Bupati Jalan A. Yani II Sungai Raya, Kubu Raya (31/10).

Kegiatan yang dihadiri seluruh ketua Rukun Tetangga (RT) se Kabupaten Kubu Raya tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemkab terhadap pembangunan jalan lingkungan.

Sementara itu, Kus Agus Sarwanto, ST.MT, Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (31/10) menegaskan ada 6 Kecamatan untuk tahun 2017, diantaranya Sungai Raya, Sungai Ambawang, Kuala Mandor B, Sungai Kakap, Rasau Jaya, dan Teluk Pakedai.

Jumlah keseluruhan RT yang akan di ferivikasi ada 1260 yang belum terialisasi tahun 2018 ada 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Kubu, Terentang, Batu Ampar, nilai nominalnya tergantung pengajuan di proposal Rp 50 juta sampai dengan 200 juta.

“Yang dibantu hanya 3 aitem, batu, pasir, semen, untuk jalan lingkungan tidak untuk pekerjaan yang lain. Sarwanto menyebutkan, tahun ini adalah kebijakan srategis Bupati Kubu Raya. Dengan tujuan menimbulkan semangat gotong royong, karena semangat gotong royong hampir punah,’’ kata Kus Agus Sarwanto, ST, MT, Plt. ditemui wartawan www.beritaborneo.com disela-sela acara, Rabu (31/10).

Kalau di kontrak pengadaan proyek jalan lingkungan ini lebih hemat 30% karena tidak ada upah, terkait pengawasan dari Dinas PU hanya distribusi saja. Setelah diterima oleh penerima desa, staf  desa, atau RT  ditandai serah terima berita acara.

Pelaksanaannya tergantung mereka,  yang penting kontrak yang dibuat itu hanya serah terima barang material sedangkan pelaksanaan pekerjaan ini sesuai lelang yang sudah kita lakukan penerima  barang nanti sesuai pengajuan di proposal.

Dengan kegiatan imbal swadaya ini bisa menumbuh kembangkan kembali semangat gotong royong, dengan pembangunan ini kita harapkan mutu kegiatan dari jalan lingkungan ini bisa lebih baik.

Sarwanto menegaskan,  kwalitas pekerjaan  supaya lebih tahan 10 sampai 15 tahun, sementara batas waktu kontrak distribusi bahan material ini sampai dengan 20 Desember. (Mulyadi)

 

375 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa