Thursday , September 21 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Balikpapan / Maharaja Kutai Mulawarman Hadiri HUT ke-14 GEPAK

Maharaja Kutai Mulawarman Hadiri HUT ke-14 GEPAK

 

tatap-organisasi-tingkat-dunia2

KALTIM – Bertajuk Profesional, Solid dan Berwibawa, ribuan keluarga besar Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (Gepak) dari berbagai kabupaten/kota di Kaltim menghadiri ulang tahun ke-14 ormas yang dipimpin Ketua Umum Gepak Kaltim Hamdani yang penuh istimewa dan berjalan hikmat

Semakin istimewa dengan menghadirkan Maharaja Kutai Mulawarman Prof Dr Hc MSPS Iansyahrechza Fachlevie Wangsawarman selaku tamu kehormatan. Maharaja membawa serta 17 kerabat, pembesar Maharaja Kutai Mulawarman dari perwakilan negara ASEAN, yakni Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, dan India. Juga membawa pengurus Gepak Kalsel yang dipimpin Pangeran Azwar Noviandy dan kerabat kerajaan Kutai Mulawarman.

Maharaja menyatakan, kehadiran dirinya di HUT ke-14 Gepak di Balikpapan untuk memberi dukungan agar Gepak ke depan membawa kedamaian di Bumi Kalimantan. “Saya ingin membawa Gepak menjadi organisasi tingkat dunia. Organisasi yang terdaftar di PBB,” katanya.

Keyakinan itu, kata dia, karena Gepak punya 96 duta besar di luar negeri. “Lihat saja sekarang, saya menghadirkan kerabat-kerabat dari negara tetangga,” ucapnya.

Untuk mewujudkan itu, dia sudah mempersiapkan beberapa pertemuan internasional dengan dua negara yang terletak di Pulau Kalimantan, yakni Malaysia dan Brunei Darussalam untuk membentuk perwakilan Gepak di di ASEAN.

“Pertemuan melalui kerabat ambassador. Saya juga sudah berkoordinasi dengan kerajaan Brunei Darussalam, Serawak, Kuching, dan Sabah. Dengan misi membentuk Gepak mendunia,” ungkapnya.

Maharaja menambahkan, dengan terdaftarnya Gepak di PBB, maka Gepak bisa mengemban misi kemanusiaan, sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Sehingga Indonesia, khususnya Kalimantan melalui Gepak dapat terangkat derajatnya.

“Saya berpesan kepada pemimpin di pemerintah kabupaten/kota untuk saling menghormati dan berkerja sama mengembalikan hak-hak tanah adat. Sehingga masyarakat adat hidup tenteram, damai, dan alam terpelihara dengan baik. Kalimantan pun jadi mercusuar dunia,” papar Maharaja yang saat ini sebagai ambassador humanity international di PBB.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Thohari Aziz yang hadir mengapresiasi keberadaan Gepak yang memiliki visi dan misi mengangkat harkat dan martabat budaya bangsa. Ini membuktikan peran adat sangat penting untuk kelangsungan persatuan di seluruh unsur di Kaltim. “Semoga terus terjaga kearifan lokal sebagai khasanah berbangsa dan bertanah air,” ujarnya.

Senada, Staf Ahli Wali Kota Balikpapan Bidang Pemerintahan Bakhriansyah, atas nama Pemkot ia member selamat kepada Gepak, semakin eksis ke depan dan menjadi mitra pemerintah untuk pembangunan di semua bidang. [] KP

1,460 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa