Breaking News
Home / Budaya / Mengembangkan Segi Tiga Emas Wisata Kutim

Mengembangkan Segi Tiga Emas Wisata Kutim

 
ardiansyah di nehes liang

Ardiansyah Sulaiman, Bupati Kutim saat menerima cindera mata dari petinggi adat Suku Dayak di Desa Nehes Liang Bing.

KUTAI TIMUR – Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng dan Telen bak menjadi segi tiga emas potensi pariwisata di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Provinsi Kalimantan Timur. Ketiga kecamatan itu dinilai memiliki kekayaan budaya yang luar biasa, yang jika dimembangkan sejara komprehensif dan terpadu dapat memberi dampak besar bagi perkembangan masyarakat di daerah itu.

Ardiansyah Sulaiman, Bupati Kutim, saat berkunjung ke Desa Nehes Liah Bing, Kecamatan Muara Wahau untuk menghadiri pertemuan budaya Dayak se Kalimantan, pengembangan potensi wisata di tiga kawasan itu juga dapat disingkronisasi dengan perkebunan sawit dan industrinya yang sedang berkembang.

“‎Pelestarian dan pengembangan obyek wisata di pedalaman Kutim, sudah saatnya dilakukan seirama dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat akibat perkebunan kelapa sawit,” ungkap Ardiansyah, Minggu (14/6/2015).

Membaiknya infrastruktur jalan dan mudahnya transportasi ke Muara Wahau, menurut Ardiansyah merupakan modal besar untuk pengembangan kepariwisataan di pedalaman Kutim. “Harapan Pak Ledjie Taq, pemerintah dan masyarakat, juga media, ikut mempromosikan upacara adat Dayak Wehea seperti Lomp Plai. Sehingga semangat pelestarian budaya di Muara Wahau dan Kongbeng berjalan dari tahun ke tahun. Selain bisa memberikan manfaat langsung bagi masyarakat,” kata Ardiansyah.

Ardiansyah berjanji akan meminta Dinas Pariwisata dan Olahraga Kutim mengkoordinir pengemasan wisata di Muara Wahau. Salah satu ide adalah memasarkan dengan mengaet travel atau biro perjalanan. [] ANT

 1,318 total views,  1 views today

About adminredaksi

Leave a Reply

Specify Instagram App ID and Instagram App Secret in Super Socializer > Social Login section in admin panel for Instagram Login to work

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa