Breaking News
Home / Aneh & Lucu / Nenek Misterius Sumbangkan Apple Langka Seharga Rp 2,6 M

Nenek Misterius Sumbangkan Apple Langka Seharga Rp 2,6 M

 
800px-Apple_I_Computer
SEBUAH komputer yang antik dan sangat langka didonasikan kepada CleanBayArea, sebuah perusahaan daur ulang di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Penyumbang komputer Apple 1 itu diduga seorang perempuan tua yang masih misterius.
Ketika dilelang tertutup oleh perusahaan, komputer itu laku dengan harga tinggi. Barang langka itu dibeli USD 200 ribu atau sekitar Rp 2,6 miliar, demikian dilansir Metro.
Menurut kebijakan perusahaan, hasil penjualan dalam lelang akan dibagi dua dengan pemilik barang. Dengan demikian, nenek tadi berhak atas cek senilai Rp 1,3 miliar.
CleanBayArea pun berupaya melacak perempuan yang diyakini berusia 60-an itu. Dia mendonasikan sejumlah barang elektronik pada April lalu setelah suaminya meninggal dunia. Di dalam sebuah kotak, “tertimbun” perangkat komputer Apple 1 yang diproduksi pada 1976.
Apple 1 dikenal sebagai produk yang mengubah wajah industri komputer. Komputer itu dirakit dengan tangan Steve Wozniak, partner Steve Jobs saat mendirikan Apple. Apple 1 kala itu diproduksi dalam jumlah terbatas.
“Perangkat itu terbuat dari kayu. Saya belum pernah melihatnya. Reaksi pertama saya saat melihatnya, saya yakin itu barang palsu. Kami langsung mengeceknya,” ujar Vice President of Marketing CleanBayArea Victor Gichun.
Dia menolak mengungkapkan identitas siapa yang membeli Apple 1. Namun, pembeli barang tersebut seorang kolektor perangkat Apple. Perangkat buatan perusahaan yang berbasis di Cupertino itu memang sangat diburu para kolektor. Dalam suatu lelang pada 2013, perangkat Apple 1 yang masih berfungsi terjual dengan harga USD 671.400 atau sekitar Rp 8,72 miliar.
Gichun mengatakan, dia akan menemukan perempuan misterius itu dalam waktu dekat. Gichun yakin, nenek itu warga lokal.
Perangkat  yang didonasikan nenek misterius itu dianggap sebagai salah satu komputer Apple 1 tahap pertama yang dibeli sebanyak 50 unit oleh Paul Terrell, untuk dijual di toko miliknya, Byte Shop. Kala itu, harga komputer kayu USD 666,66 (Rp 8,6 juta jika dihitung dengan kurs sekarang).
Setelah kesuksesan merakit, Jobs dan Wozniak memproduksi lagi 150 unit Apple 1 yang dijual kepada teman-teman serta vendor lain. (metro.uk/fel/k8)

 1,405 total views,  1 views today

About adminredaksi

Leave a Reply

Specify Instagram App ID and Instagram App Secret in the Super Socializer > Social Login section in the admin panel for Instagram Login to work

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa