Tuesday , July 25 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Barat / P2WKSS Jadi Sasaran Perlombaan di Desa Rawak Hilir

P2WKSS Jadi Sasaran Perlombaan di Desa Rawak Hilir

 
20120604sekadaulogo
SEKADU – Desa Rawak Hilir yang berada di Kecamatan Sekadau Hulu menjadi perwakilan Kabupaten Sekadau dalam perlombaan program terpadu Peningkatan Peranan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera, 10 Program PKK, Posyandu dan Tanaman Obat Keluarga tingkat provinsi tahun 2015.
“Sasaran P2WKSS merupakan keluarga miskin di desa atau kelurahan dengan perempuan sebagai penggerak utama yang bertujuan untuk mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera,” ungkap Bayu Dwi Harsono Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Kesatuan Bangsa dan Pemerintah Desa Kabupaten Sekadau, Kamis (12/11).
Dia melanjutkan, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 26 tahun 2009 tentang Pedoman pelaksanaan peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera di daerah, peranan wanita sebagai mitra sejajar pria perlu ditingkatkan agar mampu memberikan sumbangan yang besar dalam bidang pembangunan di daerah.
“Sebagai mitra pria yang sejajar, peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera perlu ditingkatkan, agar kiranya mampu memberikan sumbangsih yang besar dalam pembangunan daerah,” katanya.
Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi Kalimantan Barat, Y Alexander mengatakan program terpadu P2WKSS merupakan salah satu program yang telah digulirkan oleh pemerintah sejak 1979 dalam rangka membina kaum wanita dalam setiap program pembangunan dengan perempuan sebagai penggeraknya.
Wanita memiliki potensi dan kemampuan dalam mengelola keluarga bila dibina akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat.
“Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi momentum bangkitnya kaum perempuan di desa dalam segala bidang. Lomba ini menjadi motivasi agar lebih meningkatkan kapasitas desa melalui partisipasi perempuan dalam pembangunan di masa-masa datang,” ujarnya.
Sementara itu, menurut Asisten I Sekretaris Pemkab Sekadau, Adrianto Gondokusumo mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan SKPD terkait dalam membina PKK.
“Dengan proses dan rangkaian pembinaan yang dilakukan, telah mempersiapkan desa sebagai peserta lomba tingkat provinsi mewakili Sekadau. Mudah-mudahan bisa berprestasi di tingkat propinsi juga,” kata Adrianto. [] ANT

570 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : Media Maju Bersama Bangsa