Senin , Desember 17 2018
Breaking News
Home / Kalimantan Barat / Pangdam Instruksikan Pengamanan Pilkada Gubernur Kalbar

Pangdam Instruksikan Pengamanan Pilkada Gubernur Kalbar

 

Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, membuka Apel Komandan Satuan (Dansat) pengamanan Pilkada Gubernur 2018 di Singkawang, Selasa (27/3) (Foto:Pendam XII/Tpr)

Singkawang–Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, membuka Apel Komandan Satuan (Dansat), kegiatan tersebut digelar di Lapangan Upacara Makobrigif 19/Khatulistiwa, Singkawang, Kalimantan Barat, Selasa (27/3/2018). Hadir Kasdam XII/Tpr, Danrem 121/Abw, Danrem 102/Pjg, Irdam, Staf Ahli, LO AL, LO AU, para Asisten Kasdam XII/Tpr, para Kabalak Kodam XII/Tpr dan Komandan Brigade Infanteri 19/Khatulistiwa, serta para Perwira peserta Apel Dansat Kodam XII/Tanjungpura.

Panglima Kodam XII/Tanjungpura menyampaikan, bahwa Apel Komandan Satuan (Dansat) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) tersebar Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura dilaksanakan selama tiga hari dimulai dari 27 hingga 29 Maret 2018. Hal ini, untuk memberikan motivasi dan inspirasi dalam meningkatkan kinerja guna optimalisasi pelaksanaan tugas yang akan datang.

“Kegiatan apel Dansat ini, upaya menjadikan satuan jajaran Kodam XII/Tanjungpura lebih profesional dan siap operasional,” ujar Panglima Kodam XII/Tanjungpura.

Dalam apel Dansat kali ini mengusung tema, “Melalui Apel Dansat tersebar TNI AD Kodam XII/Tpr TA. 2018, kita wujudkan militansi dan profesionalisme prajurit dalam rangka mendukung keberhasilan tugas pokok Kodam XII/Tpr”. Hal ini sesuai dengan perkembangan yang sedang terjadi saat ini, karena apa yang akan didapat pada Apel Dansat merupakan jawaban atas tantangan yang semakin kompleks yang cukup mendasar dalam rangka melaksanakan tugas satuan untuk mendukung tugas pokok TNI AD di masa mendatang.

“Jadi apel Dansat ini, untuk menyamakan cara pandang dan pikiran berkaitan dengan upaya peningkatan pembinaan satuan dan kepemimpinan lapangan yang menjadi tanggung jawab para Dansat, sehingga akan diperoleh kesamaan pola tindak dan sikap seluruh personel terhadap kebijakan pimpinan,” terang  Panglima Kodam XII/Tanjungpura.

Selain itu, kata Panglima Kodam XII/Tanjungpura dalam kegiatan apel Dansat ini, dapat terwujudnya pemahaman terhadap pokok-pokok kebijakan pimpinan TNI AD, juga meningkatnya pemahaman tentang kepemimpinan lapangan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok, sehingga adanya pemikiran baru, kepedulian, moralitas, dan profesionalitas dalam setiap pelaksanaan tugas.

Sedangkan materi yang akan diberikan diantaranya, teori kepemimpinan, motivasi, diskusi dan bidang keterampilan seperti renang taktis serta materi yang dipandang perlu guna meningkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas, tutur Panglima Kodam XII/Tanjungpura.

 “Lakukan interaksi yang positif dengan seluruh peserta, manfaatkan kegiatan ini untuk saling mengisi dan berbagi pengalaman, sehingga apel Dansat menghasilkan masukan yang berharga dalam menentukan langkah-langkah yang cepat, tepat dan benar,” pesan Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi.

Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi juga sebagai Panglima Komando Operasi dalam gladi Tactical Floor Game (TFG) pada Apel Dansat. Latihan tersebut difokuskan Kesiapan TNI Dalam Rangka Keamanan Pilkada Gubernur Kalimantan Barat.

Seluruh peserta apel Dansat melaksanakan gladi Tactical Floor Game yang merupakan bagian dari skenario latihan untuk mematangkan rencana operasi yang telah disusun bersama staf dan pelaku latihan. Dilakukan di Aula Graha Brigade Infanteri 19/Khatulistiwa.

TFG ini diawali dengan laporan perihal perkembangan situasi dan kondisi di daerah latihan Apel Dansat yang rencananya akan dilaksanakan di Wilayah Singkawang Kalimantan Barat. dilanjutkan paparan oleh pimpinan masing-masing staf dan unsur yang terlibat dalam Latihan Apel Dansat Tahun 2018, dan dijelaskan rencana operasi yang akan dilaksanakan, tahap demi tahap hingga Hari H Jam J dengan dukungan maket dan miniatur lainnya, dilaksanakan secara berurutan dari masing-masing unsur pelaku latihan.(Rachmat Effendi)

75 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa