Monday , September 25 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Barat / Pelanggan PDAM Sambas Banyak Yang Nunggak Bayar

Pelanggan PDAM Sambas Banyak Yang Nunggak Bayar

 

PDAM

SAMBAS – Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas banyak yang melakukan tunggakan pembayaran rekening air. Nilainya, khusus untuk pelanggan di Kabupaten Sambas, sekitar Rp 800 juta. Itu belum daerah lain yang dijumlah nilainya melebihi angka Rp 1 miliar.

Tunggakan yang nilainya lumayan besar tersebut tentu saja berpengaruh terhadap operasional Perusahaan Daerah (Perusda) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sambas tersebut. “Akibat banyaknya pelanggan yang menunggak, selama ini menghambat perkembangan PDAM, bahkan sangat luar biasa ada pelanggan yang menunggak hingga 13 bulan,” ujar Direktur PDAM Sambas, Asriadi.

Dijelaskan Asriadi, banyaknya tunggakan pembayaran oleh pelanggan PDAM Tirta Muare Ulakan Sambas ini baru di wilayah Kota Sambas saja, belum termasuk akumulasi daerah lainnya. Sehingga ini tentunya menghambat pendapatan PDAM selama ini.

Hal inilah yang diakui Asriadi akan segera dibenahi dengan penegasan kepada pelanggan mulai saat ini dengan sistem pemutusan sambungan langsung kepada pelanggan yang telat membayar selama 5 hari. “Hal ini sudah kita mulai sosialisasikan mulai dilakukan penagihan sejak Senin kemarin sehingga akan ditegaskan pemutusan sambungan 5 hari kedepannya,” ungkap dia.

Tak hanya itu, Asriadi mengatakan hal lainnya yang banyak menghambat pendapatan PDAM yakni  banyaknya sambungan pelanggan yang rusak. “Kalau pelanggan PDAM di Sambas ini mencapai  5.000 an dan sekitar 40 persennya selama ini rusak, itu yang akan kita perbaiki,” jelasnya.

Selama ini dikatakannya akibat rusaknya sambungan ini perhitungan biaya pemakaian  pelanggan dihitung berdasarkan perkiraaan saja. “Harusnya ini  dapat dimaksimalkan pembayarannya untuk pendapatan, namun selama ini dikirakan saja pembayarannya misalnya pemakaian 10 kubik dikalikan harga perkubik,” ujarnya.

Untuk itu, Asriadi yang baru menjabat 3 bulan berharap kerjasama dan kesadaran  masyarakat membantu perkembangan PDAM sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat terus berjalan. “Kita sudah mulai perbaikan di  Jalur jalan M Tsafiudin dan target  selanjutnya jalan Sukaramai Sambas,” pungkasnya. []

1,181 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa