Sunday , August 20 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Berau / Pemkab Berau Mau Aktifkan Bandara Batu Putih

Pemkab Berau Mau Aktifkan Bandara Batu Putih

 

Pemkab Berau Mau Aktifkan Bandara Batu Putih

BERAU – Pemerintah Kabupaten Berau berencana memfungsikan kembali landasan pacu yang pernah ada di Kecamatan Batu Putih. Bandara ini akan semakin melengkapi pemenuhan infrastruktur di wilayah pesisir selatan Kabupaten Berau.

Setelah menggelar pertemuan dengan seluruh stakeholder beberapa waktu lalu, Selasa (28/4) kemarin kembali digelar pertemuan dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Berau Ahmad Rifai didampingi Sekkab Jonie Marhansyah di ruang rapat Kakaban Setkab Berau. Pertemuan dengan instansi terkait dan perusahaan perkebunan PT Jabontara Eka Karsa ini membahas kembali langkah yang akan diambil Pemkab Berau untuk mempercepat pengaktifan kembali bandara di Batu Putih.

Ahmad Rifai meminta kepada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait segera menuntaskan hasil kajian di lapangan, termasuk penetapan kawasan di sekitar landasan pacu yang selama ini sudah diamankan masyarakat. Selanjutnya harus dipastikan tidak ada lahan yang menjadi kendala. “Saya minta kembali dilakukan pengukuran di lapangan untuk memastikan batas batas kawasan bandara, termasuk rencana pengembangan,” tegasnya.

Hal itu menurut Wabup perlu dilakukan untuk memastikan kawasan bandara sudah aman dan siap untuk diaktifkan. Pasalnya berdasarkan laporan, untuk memperpanjang landasan pacu harus melalui perkebunan kelapa sawit kemitraan masyarakat. Hal ini harus disikapi dengan melibatkan perangkat kecamatan, aparat kampung dan masyarakat agar program pengembangan bandara udara tidak terkendala.

Dengan aktifnya bandara di Batu Putih ini akan semakin memacu pertumbuhan pembangunan di wilayah pesisir selatan yang telah diusulkan menjadi daerah otonomi baru. Batu Putih kini juga menjadi pusat pertumbuhan industri pertanian dan perkebunan, serta sektor perikanan yang juga akan dipusatkan di wilayah ini.

Sementara itu Armayadi, perwakilan manajemen PT Jabontara Eka Karsa, menegaskan pihaknya berkomitmen untuk turut mendukung segera diaktifkannya landasan pacu di Batu Putih ini. “Perusahaan kami siap mengaktifkan, dan sudah mendapat arahan dari pimpinan perusahaan untuk komitmen dalam program ini,” ucapnya. [] TBK

1,099 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa