Breaking News
Home / Aneh & Lucu / Pria Tua Ini Dipenjara Gara-Gara Sakiti Robot

Pria Tua Ini Dipenjara Gara-Gara Sakiti Robot

 

kick robot

JEPANG – Tindak kekerasan memang bisa melanggar hukum. Apa jadinya jika kekerasan tersebut dilakukan terhadap benda tak bernyawa seperti robot? Seorang warga Jepang membuktikannya.

Kiichi Ishikawa dari kota Yokosuka ditangkap oleh polisi setelah ia menendang robot Pepper bikinan perusahaan telekomunikasi SoftBank.

Pepper termasuk robot pintar yang sengaja dirancang untuk membaca perasaan manusia. Ia adalah care robot atau robot yang memiliki perhatian dan diciptakan dengan tujuan membuat manusia menjadi bahagia. Harga Pepper juga terbilang mahal, yakni US$ 1.600 atau setara Rp 22,8 juta.

Japan Times melaporkan, Ishikawa yang usianya sekitar 60 tahun itu sedang berkunjung ke toko SoftBank Corp. pada Minggu pagi (6/9). Ishikawa yang kala itu sedang dalam keadaan mabuk, merasa terganggu oleh pegawai toko — manusia, bukan robot — yang menyuruhnya untuk bersikap normal sebagaimana pengunjung yang baik.

Ishikawa langsung merasa kesal dan bergerak cepat ke arah robot Pepper dan langsung menendangnya dengan keras. Menurut keterangan kepolisian Kanagawa, Pepper mengalami kerusakan pada sistem internal komputer dan menjadi lemot. Namun tidak diketahui seperti apa tanggapan Pepper saat Ishikawa menendangnya mengingat ia adalah robot pintar yang mengenali perasaan manusia.

Mengutip situs Cnet, kejadian ini menjadi sebuah pelajaran untuk masa depan mengenai interaksi manusia dan robot yang baik seperti apa, khususnya bagi robot yang memang didesain untuk merasakan apa yang manusia bisa rasakan. [] CI

1,096 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

About adminredaksi

adminredaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa