Kamis , Agustus 22 2019
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / 3 Kecamatan di Kutim Rawan Terserang HIV/AIDS

3 Kecamatan di Kutim Rawan Terserang HIV/AIDS

 

hiv-aids

KUTAI TIMUR – Kondisi penyebaran HIV/AIDS di Kutai Timur (Kutim) cukup mengkhawatirkan. Dari data yang dihimpun Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kutim, sejak 2006 hingga September 2015, tercatat 216 pengidap. Sangatta Utara, Sangatta Selatan, dan Muara Wahau menjadi tempat rawan penyebaran.

Menurut Sekretaris KPAD Kutim Harmaji, tercatat 19 kasus baru ditemukan di Muara Wahau. 14 kasus di antaranya diidap pekerja seks komersial (PSK). Lima kasus lainnya adalah ibu rumah tangga, pekerja swasta, dan balita. “Kalau di Sangatta Utara ditemukan 12 kasus baru,” ucapnya.

Dijelaskan Harmaji, pihaknya selalu melakukan sosialisasi sebagai langkah pencegahan. Sedangkan faktor penularan banyak berasal dari lokalisasi, narkoba, hingga merajah badan dengan jarum tato yang tidak steril.

“Selain sosialisasi, kami juga hanya dapat memberikan pendampingan serta pelayanan bagi yang telah mengidap di RSUD Kudungga dan puskesmas di masing-masing kecamatan yang memiliki fasilitas VCT (voluntary counseling test),” beber Harmaji.

Menanggapi tingginya angka penyebaran HIV/AIDS, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan perlu langkah konkret untuk menekan penyebaran. “Seluruh pihak harus ikut terlibat dalam memerangi HIV/AIDS agar penyebarannya bisa ditekan,” singkatnya. [] KP

792 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa