Sunday , December 17 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Barat / SDM Profesional Harus Disiapkan

SDM Profesional Harus Disiapkan

 

Sekda Kalbar Sarankan Pemda Siapkan SDM Profesional

PONTIANAK – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, M Zeet Asyovie menyarankan agar setiap pemerintah daerah di Kalbar mempersiapkan sumberdaya manusia profesional menghadapi berbagai tantangan global yang terjadi saat ini.

“Jika setiap pemerintah daerah bisa mempersiapkan SDM yang handal, baik itu aparatur pemerintah daerahnya maupun masyarakat dan generasi mudanya, maka daerah tersebut akan selalu siap menghadapi berbagai tantangan global,” katanya di Pontianak, Jumat.

M Zeet mengatakan, dengan adanya SDM yang handal, setiap ada sesuatu yang baru di dunia seperti MEA dan sebagainya, maka pemerintah daerah itu bisa responsif dan tidak perlu takut menghadapi berbagai perubahan yang terjadi.

Tidak hanya siap menghadapi berbagai tantangan global, lanjut M Zeet, pemerintah daerah juga dipastikan mampu mengelola berbagai potensi sumber daya alam yang ada, khususnya dalam menjalankan UU tentang Otonomi Daerah.

Dia menambahkan, pada era otonomi daerah, dimana kewenangan terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan terutama pelayanan masyarakat yang sudah diberikan kepada daerah menuntut masing-masing daerah berlomba-lomba memperbaiki sistem pelayanan publik di tingkat daerah.

“Perbaikan pelayanan publik tersebut akan terwujud apabila ada `political will` dari pimpinan yang didukung oleh bawahan atau para pegawai daerah ataupun sebaliknya, kesadaran itu muncul dari bawahan yang kemudian diakomodasi dan didukung oleh atasan,” tuturnya.

Begitu juga dalam hal peningkatan daya saing daerah, membutuhkan SDM-SDM yang memiliki kemampuan dalam menggali dan memanfaatkan potensi daerah sehingga apa yang dimiliki daerah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat daerah.

“Selain itu, dibutuhkan kepala daerah yang memang mampu di bidangnya, tanggap, kritis, memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi dan kemauan yang kuat mengubah daerahnya lebih baik,” katanya.

M Zeet menambahkan, SDM-SDM di daerah khususnya yang bekerja di pemerintahan, turut menentukan mampu tidaknya suatu daerah dalam menciptakan pelayanan publik yang prima dan meningkatkan daya saing daerah.

“Untuk itu, ini menjadi tantangan besar bagi pemerintah daerah agar bisa menciptakan SDM yang benar-benar berkualitas dalam mempercepat pembangunan di daerahnya masing-masing,” kata M Zeet. [] ANT

1,038 total views, 0 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa