Saturday , November 18 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Tengah / Pemkab Seruyan Turut Meriahkan “Isen Mulang”

Pemkab Seruyan Turut Meriahkan “Isen Mulang”

 

Seruyan Ikuti 10 Cabang Festival 'Isen Mulang

SERUYAN – Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah rencananya akan mengikuti 10 dari 18 cabang lomba yang akan diselenggarakan pada Festival “Isen Mulang (Pantang Mundur)” pada 18 Mei 2015 di Palangka Raya.

“Kita tidak dapat mengikuti seluruh cabang yang dilombakan pada Festival Isen Mulang tingkat provinsi karena terbatasnya pendanaan untuk festival,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Pariwisata (Disnakertranspar) Seruyan Megantoro di Kuala Pembuang, Kamis (30/4).

Ia menjelaskan, ke-10 cabang lomba yang akan diikuti kontingen dari Seruyan adalah lomba Pawai Karnaval Budaya, Tari Daerah, Karungut, Mangaruhi, Besei Kambe, Jukung Tradisional, Balugu, Habayang, Manyipet dan lomba Pencak Silat Membuka Lawang Sekepeng.

“Sementara, cabang yang tidak diikuti adalah Putra Putri Pariwisata (Papipar), Mangenta, Malamang, Panginan Tradisional, Maneweng Manetek Manyila Kayu, Sepak Sawut, Jukung Hias dan Lagu Daerah,” katanya.

Meskipun Seruyan belum dapat mengikuti semua cabang yang dilombakan pada festival budaya terbesar di Bumi Tambun Bungai, namun setidaknya Seruyan sudah dapat berpartisipasi dan turut serta dalam melestarikan budaya daerah yang ada di Kalteng khususnya di Seruyan.

“Kegiatan ferstival tersebut bertujuan untuk melestarikan adat budaya kita. Jadi ini bukan hanya ajang untuk mencari prestasi, tapi juga promosi budaya,” katanya.

Ia mengakui, sebenarnya di Seruyan ada banyak potensi budaya yang belum tergali secara maksimal, itu terjadi karena terkendala permasalahan anggaran daerah yang masih sangat minim.

“Padahal kita punya banyak potensi, tetapi semua terkendala anggaran yang minim, dan belum sesuai dengan harapan,” katanya. [] ANT

1,190 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com