Wednesday , June 28 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Simulasi Pengamanan Pilkada Serentak

Simulasi Pengamanan Pilkada Serentak

 

100_7964

KUTAI KARTANEGARA – Jelang Pilkada serentak 9 Desember 2015, Polres Kukar gelar pasukan dan simulasi Sispamkota di halaman parkir Stadion Rondong Demang, Rabu (16/9) pagi, operasi yang diberi nama operasi mantap praja mahakam 2015 ini, melibatkan kekuatan personil dari Polres Kukar, Kodim 0906 dan Satpol PP.

Simulasi diperagakan oleh anggota Polres Kukar diawali dari tahapan penghadangan yang di asumsikan di daerah Kecamatan Kota Bangun diadakan kampanye dialogis, kemudian pengamanan kampanye, lalu pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan pengamanan di Kantor KPU Kukar, diskenariokan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kerusuhan hingga penculikan salah satu calon.

Kapolres Kukar AKBP Handoko mengatakan, tujuan simulasi tersebut agar personil yang bertugas selalu siap siaga bila terjadi keadaan diluar dugaan, pada simulasi itu juga diperagakan bagaimana koordinasi aparat saat terjadi kericuhan yang menjurus anarkhis, .

“Pasukan yang didukung oleh satuan Dalmas Polres Kukar memperlihatkan bagaimana sejak dari negosiasi dengan para pengunjuk rasa hingga pengaman saat terjadi kerusuhan, ” ungkapnya.

Handoko memastikan, pihaknya juga sudah memetakan titik-titik daerah yang rawan di kukar, sementara untuk personil gabungan yang dilibatkan dalam pengamanan Pilkada 2015 ini dikatakan Handoko, terdiri dari anggota Polres Kukar sebanyak 682 personil, TNI sebanyak 296 personil dan Linmas sebanyak 2.816,.

“Dalam pengaman Pilkada ini kami juga akan di bantu dari personil Polda Kaltim yang disiagakan di Samarinda Seberang, bila sewaktu-waktu dibutuhkan mereka siap ke Kukar, ” tuturnya.

Acara ini juga dihadiri satu pasangan calon Idham Khalid – Abdul Kadir beserta 4 tim sukses paslon, Plt Sekda Kukar H. Marli, Ketua DPRD Kukar Salehuddin S.Sos, S.Fill, Ketua KPU Kukar Junaidi Samsudin, perwakilan Kejari, Dishub dan Satpol PP Kukar. [] KRC

610 total views, 2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : Media Maju Bersama Bangsa