Thursday , August 24 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Barat / Manfaat Taspen Bagi Pensiunan

Manfaat Taspen Bagi Pensiunan

 

Taspen Permudah Klaim Dana Pensiun PNS

PONTIANAK – telah memudahkan proses klaim dana pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil dengan sistem Klaim Otomatis yang mulai diberlakukan pada tahun ini.

“Melalui Klaim Otomatis, nantinya PNS tidak perlu repot-repot mengunjungi PT Taspen di wilayahnya. Namun, para pensiunan nantinya akan dilayani langsung oleh kami saat penerima dana itu memasuki masa pensiunnya,” kata Manajer Kelembagaan PT Taspen, Ariyandi di Pontianak, Jumat.

Dia menjelaskan, PT Taspen juga telah mempermudah akses pensiunan dengan menambahkan empat layanan baru pada tahun ini diantaranya, Layanan Klaim Otomatis, Mobil Layanan Taspen, mitra Layanan Taspen serta Service Point.

Ariyandi menjelaskan, Mitra Layanan Taspen merupakan suatu strategi Layanan Taspen dengan melatih beberapa karyawan Mitra Bayar di setiap daerah tentang tata cara melayani calon pensiunan yang akan mengurus haknya di PT Taspen cabang Pontianak.

Dia menambahkan, untuk memaksimalkan layanan Klaim Otomatis, dia mengimbau agar para calon pensiunan dapat mengisi Formulir Permintaan Pembayaran Pensiun (FPPP) Klaim terlebih dahulu. Formulir tersebut bisa didapatkan di PT Taspen atau mengunduh dari website Taspen.

“Formulir tersebut diajukan bersamaan dengan data permohonan calon penerima pensiun,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Cabang PT Taspen Pontianak, Tris Putranto menambahkan saat ini pihaknya telah menyiapkan program peningkatan kesejahteraan terhadap PNS.

“Salah satunya dengan menambah produk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) sesuai amanat UU ASN Nomor 05/2014,” katanya.

Dia mengatakan, peningkatan layanan bagi PNS tersebut merupakan bentuk komitmen dari PT Taspen dalam meningkatkan layanan kepada para pegawai negeri yang akan memasuki masa pensiun.

“Selama ini kita tahu sendiri wilayah Kalimantan Barat sangat luas, sehingga proses pengurusan dana pensiun menjadi rumit. Namun, dengan Sistem Klaim Otomatis ini, jika PNS telah mengusul FPPP dan memenuhi semua persyaratan, ketika PNS telah pensiun, maka kita yang akan langsung menginformasikan berbagai hak mereka melalui SMS Gateway,” tuturnya.

Tris menambahkan, PNS yang ada di daerah juga tidak perlu repot lagi untuk mengurus proses pengajuan pengklaiman dana pensiunnya karena pihaknya telah menyediakan sembilan mitra bayar yang tersebar di seluruh Kalbar.

“Sejak tahun 2014 lalu hingga memasuki pertengahan tahun ini, ada sekitar 30 ribu PNS yang telah mendapatkan dana pensiunnya dimana setiap bulannya kita mencairkan Rp57 miliar setiap bulannya,” katanya. [] ANT

1,084 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa