Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Tiga Balon Pilkada Kukar Lolos Uji Kesehatan

Tiga Balon Pilkada Kukar Lolos Uji Kesehatan

 

PilkadaKukar2015-hasilteskesehatan2

KUTAI KARTANEGARA – Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan yang berlangsung selama dua hari di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aji Muhammad Parikesit (RSAMP) Tenggarong, tiga pasangan bakal Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kutai Kartanegara (Kukar) dinyatakan lolos tes kesehatan.

Ketiga pasangan bakal Cabup-Cawabup Kukar itu adalah Rita Widyasari-Edi Damansyah, Awang Wahyu-Andi Katanto serta Idham Khalid-Abdul Kadir. Kesemuanya dinyatakan sehat jasmani dan rohani untuk memimpin Kukar.

Hasil pemeriksaan kesehatan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kukar itu diserahkan ketua tim dokter pemeriksa dr Christofel Koorah Toy kepada komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kukar Arliansyah, Sabtu (01/08) sore, di Tenggarong.

Dalam keterangan persnya, dr Christofel didampingi Ketua IDI Kukar dr Radjiman dan Wakil Direktur RSAMP dr Mauritz Silalahi serta komisioner KPU Kukar mengatakan, dari hasil tes kesehatan terhadap ketiga pasangan calon tersebut tidak ditemukan adanya unsur narkoba, alkohol maupun HIV/AIDS.

PilkadaKukar2015-cekkesehatan2

Sedangkan hasil rekam medis lainnya, lanjut Cristofel, pihaknya tak dapat membeberkan lantaran hal itu merupakan privasi dari masing-masing calon. “Yang pasti, semuanya lolos tes kesehatan,” ungkapnya.

Sementara dikatakan komisioner KPU Kukar, Arliansyah, syarat lolos kesehatan tersebut merupakan salah satu persyaratan bagi pasangan calon Kepala Daerah yang telah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015. “Para Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kukar harus lolos tes kesehatan. Karena mereka nanti akan memimpin Kukar dalam 5 tahun ke depan,” demikian katanya.

Sementara Jumat (31/7) hingga Sabtu (01/7), sebagai salah satu persyaratan pencalonan, pasangan balon mengikuti tes kesehatan yang digelar KPU bekerja sama dengan IDI Kukar. Pelaksanaan tes kesehatan dipusatkan di RSAMP dan yang pertama kali diperiksa adalah duet politik Rita Widyasari dan Edi Damansyah, Jumat pagi hingga siang.

Kemudian pasangan Awang Wahyu-Andi Katanto akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan pad Sabtu (01/08) pagi hingga siang. Sedangkan pasangan Idham Khalid-Abdul Kadir akan menjalani tes kesehatan pada Sabtu siang. Hasil pemeriksaan kesehatan ini juga menjadi dasar KPU untuk menetapkan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kukar yang akan bertarung pada Pilkada Kukar 9 Desember 2015.

Sementara dalam pemeriksaan kesehatan ini meliputi tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) serta pemeriksaan fisik atau jasmani, pihak IDI Kukar juga melibatkan  tenaga dari Atma Husada Samarinda. Sedangkan pemeriksaan jasmani akan melibatkan 15 dokter dari IDI Kukar. Mulai dari tes urin dan tes darah, dilanjutkan dengan pemeriksaan penyakit dalam, THT, jantung, gigi, syaraf, kandungan hingga mata. [] KKC

1,902 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About adminredaksi

adminredaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa