Sunday , November 19 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Timur / Berau / ZCD Atasi Krisis Listrik di Tabalar

ZCD Atasi Krisis Listrik di Tabalar

 

ADK Maksimal, Air Bersih dari Program Baznas

BERAU – Persoalan air bersih yang dihadapi masyarakat di Kampung Harapan Maju, Kecamatan Tabalar kini teratasi. Kini ada hydran umum air minum (HUAM) yang dibangun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui program Zakat Community Development (ZCD).

Fasilitas air minum berkualitas ini diresmikan Bupati Berau Makmur HAPK, didampingi Wakil Bupati Ahmad Rifai, kemarin. Hadir pula Sekkab Jonie Marhansyah, Ketua DPRD Syarifatul Syadiah, Kapolres Berau AKBP Turmudi dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah, serta sejumlah anggota DPRD.

Peresmian ini juga dihadiri pimpinan Baznas pusat dan Baznas Kaltim. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Berau Makmur HAPK di pintu utama fasilitas HUAM dan uji coba pengoperasian HUAM. Bahkan, bupati beserta wakil bupati dan sejumlah pejabat yang hadir meminum air yang diproduksi HUAM. HUAM ini dilengkapi dengan mesin pompa berkapasitas 130 meter kubik per hari.

Selain HUAM, Bupati Makmur HAPK juga meresmikan Kantor Kepala Kampung Harapan Maju. Kantor kepala kampung yang berada tepat di depan fasilitas HUAM dan rumah pintar program ZCD Baznas ini. Membanggakan karena fasilitas tersebut dibangun dengan alokasi dana kampung (ADK) yang dikucurkan Pemkab Berau. Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung papan nama dan pemotongan pita dipintu utama.

Bupati Berau Makmur HAPK dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Baznas yang telah sukses dengan berbagai program yang telah dilaksanakan. Termasuk dalam program pembangunan HUAM yang kali kedua setelah sebelumnya dibangun di Kampung Bukit Makmur Jaya Kecamatan Biatan.

Menurutnya, program yang dilakukan Baznas ini merupakan bentuk sinergi dengan program pemerintah kabupaten. Bahkan dengan dukungan program yang telah dilaksanakan Baznas angka kemiskinan di Bumi Batiwakkal terus menurun setiap tahunnya. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Berau kami menyampaikan terima kasih kepada Baznas baik pusat, provinsi dan Baznas kabupaten yang telah melaksanakan berbagai program pembinaan umat,” ungkapnya.

TINGKATKAN PELAYANAN
Sementara peresmian kantor kepala kampung yang didukung dengan ADK, diharapkan Makmur dapat meningkatkan kinerja perangkat pemerintahkan kampung beserta seluruh lembaga yang ada. Baik Badan Pemusyaratan Kampung (BPK), Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) maupun lembaga lainnya.

Kantor kepala kampung yang dibangun, kata Makmur merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Makmur juga memberikan apresiasi kepada pemerintah kampung yang memanfaatkan ADK untuk membenahi fasilitas masyarakat. “Kita berikan apresiasi kepada pemerintah kampung yang membangun kantor kepala kampung dengan memanfaatkan alokasi dana kampung,” ucapnya.

Pimpinan Baznas pusat, Husein Ibrahim yang hadir dalam peresmian HUAM di program ZCD Baznas mengaku salut dengan Pemkab Berau di bawah kepemimpinan Bupati Makmur HAPK dan Wakil Bupati Ahmad Rifai. Menurutnya, semua memberikan nilai positif dalam program Baznas, tidak hanya di Berau dan Kaltim, namun juga secara nasional. [] KP

809 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com