Tuesday , July 25 2017
Breaking News
Home / Kalimantan Selatan / Banjarmasin / Banjarmasin Dikembangkan Jadi Kota Berbasis Sungai

Banjarmasin Dikembangkan Jadi Kota Berbasis Sungai

 
Sungai di Banjarmasin ini bila ditata rapi, bisa saja menjadi indah seperti di Venice, Italia.

Sungai di Banjarmasin ini bila ditata rapi, bisa saja menjadi indah seperti di Venice, Italia.

BANJARMASIN – Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal dikembangkan menjadi kota wisata berbasis sungai. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Nurul Fajar Desira. Menurut dia, pemerintah pusat punya program yang fokus pada kota-kota yang punya keunikan tersendiri.

Nah, Banjarmasin dianggap unik karena terdapat sungai di dalamnya. Kebetulan, Banjarmasin punya misi mejadi kota berbasis sungai. Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin sudah menawarkan pembenahan sejumlah kawasan berbasis sungai kepada Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum.

Dan tiga kawasan telah disepakati dibantu untuk pembenahannya. Selain Pulau Sugara, juga ada sungai Veteran yang membelah Jalan dan Sungai Kelayan. Untuk Pulau Sugara, bangunan disana akan dipertahankan keberadaannya, baik yang berdiri di atas lanting maupun tongkat kayu. “Tapi, tentu saja tak seperti sekarang, tapi ditata,” katanya, Minggu (5/7/2015).

Begitu juga Sungai Kelayan, sebagian bangunan di pinggirnya kemungkinan akan dipertahankan. “Kalau sekarang sudah mempersempit sungai,” ujarnya.

Nantinya, kawasan-kawasan ini bukan hanya ditata, tapi juga bisa dijadikan objek wisata air. Selanjutnya, kawasan lain akan ikut diusulkan. [] TBP

991 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : Media Maju Bersama Bangsa