DPK Kaltim membuka Perpustakaan Keliling, di Lapas Narkotika Samarinda, Senin (10/07/2023). -(Foto : Yulia)

Perpustakaan Keliling DPK Kaltim Sambangi Lapas Narkotika Samarinda

DPK Kaltim membuka Perpustakaan Keliling, di Lapas Narkotika Samarinda, Senin (10/07/2023). -(Foto : Yulia)

 

SAMARINDA – DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kalimantan Timur kembali membuka Perpustakaan Keliling, pada Senin (10/07/2023). Perpustakaan keliling akan selalu di laksanakan setiap awal bulan pada hari senin, pekan pertama dan kedua dengan tempat yang berbeda.

Pada bulan sebelumnya DPK Kaltim datang ke panti sosial dan lembaga pemasyarakatan. Pada kesempatan itu, perpustakaan keliling hadir di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Samarinda, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Samarinda, dan Lapas Narkotika Samarinda.

Kala mobil perpustakaan keliling berhenti di Lapas Narkotika Samarinda, petugas DPK Kaltim menerima senyuman hangat oleh para napi dan petugas. Dengan sigap para napi membantu menyusun koleksi buku yang disalurkan oleh DPK Kaltim di Pojok Baca Lapas.

Petugas Pembinaan Lapas, Muhammad Taufiq Hidayah menyambut baik pendistribusian koleksi buku yang dilakukan DPK Kaltim. Ia mengaku banyak napi yang selalu bersemangat dengan kedatangan buku. Tak sedikit napi membawa buku hingga ke dalam sel mereka.

Mobil Perpustakaan Keliling DPK Kaltim. -(Foto : Yulia)

“Napi itu senang sekali dengan membaca. Beberapa kali juga membaca langsung di Pojok Baca. Kedepannya kami berharap koleksi buku pendidikan diperbanyak karena tidak sedikit mereka juga masih mengejar paket ujian untuk pendidikam mereka,” papar Taufiq.

Taufiq melanjutkan harapannya agar DPK Kaltim dan Lapas Narkotika dapat terus bersinergi menyalakan napi untuk menjadi pribadi yang lebih baik melalui pencerdasan literasi.

“Mereka banyak menghabiskan waktu dengan membaca juga. Harapannya ada pemahaman bagi mereka mengenai pengembangan diri dan pola pikir usai menyelesaikan masa tersingkir di Lapas,” ujar Taufiq.

Selain itu, petugas DPK Kaltim turut melakukan pengawasan penyediaan rak dan pojok baca di Rumah Tahanan Negara Samarinda yang dalam tahap revisi. DPK Kaltim terus berkomitmen memberikan akses membaca seluas-luasnya kepada masyarakat Bumi Etam. []

Penulis: Yulia Fatmawati Fauziah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com