Baznas Kukar Berdayakan Mustahik Bidang Ekonomi

KUTAI KARTANEGARA – BADAN Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merealisasikan Program Pemberdayaan Peningkatan Ekonomi terhadap penerima zakat (Mustahik) melalui Z-Mart.

Kepada awak media usai mengikuti kegiatan penandatangan perjanjian kinerja Baznas Kukar dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Kamis (04/01/2024), Ketua Baznas Kukar Muhammad Shafik Avicenna  mengungkapkan, salah satu program unggulan baznas seluruh Indonesia adalah Z-Mart.

“Program Z-Mart, yakni program pemberdayaan ekonomi mustahik untuk meningkatkan eksistensi dan kapasitas usaha. Zakat yang diberikan pada mustahik berupa zakat produktif dijadikan modal usaha membuat warung warung atau minimarket,” ucap pria yang akrab disapa Shafik ini.

Dia menyampaikan, akan melakukan pembimbingan kepada mustahik yang menerima zakat produktif selama kurang lebih dua tahun sampai Z-Mart berjalan dengan baik dan memberikan keuntungan bagi mustahik.

“Nanti kami akan membimbing bagaimana mengelola, dari siapa yang menjadi kepala toko dan sebagainya selama mungkin dua tahun sampai bisa berjalan sendiri dan bisa memberikan keuntungan bagi diri mustahik itu sendiri,” ucapnya.

Z-Mart di Kukar berada di kawasan Masjid Jami’ KH. Muhammad Sadjid di Kelurahan Baru Kecamatan Tenggarong yang akan segera diresmikan waktu mendatang.

“Untuk saat ini, kami masih melakukan uji coba, di mana peresmiannya sekitar minggu kedua di bulan Januari ini. Kalau berhasil, ke depannya akan kami copy paste ke tempat yang lain,” tutupnya. []

Penulis : Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com