IKM Miliki Peran Penting Gerakan Ekonomi di Samarinda

SAMARINDA – KEHADIRAN Industri Kecil Menengah (IKM) memiliki peran yang sama pentingnya dengan keberadaan Usaha Menengah Kecil (UMK) dan Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) dalam menggerakkan dan membangun perekonomian di Samarinda.

Demikian hal itu sampaikan Wali Kota Samarinda Andi Harun saat menyerahkan secara simbolis sertifikat halal, merek dan sarana prasarana bagi pelaku IKM di Aula Gedung Graha Ruhui Rahayu Jalan Juanda Samarinda, Senin (29/1/2024).

Andi Harun memberikan dorongan besar kepada pelaku IKM. Dia mengungkapkan baik IKM, UMK dan UMKM semuanya memiliki peran strategis dalam membangun perekonomian baik dalam skala daerah, regional maupun nasional, sebagai pilar dalam memajukan ekonomi kerakyatan.

Kehadiran IKM katanya, juga merupakan salah satu perwujudan dari 10 program prioritas pasangan Andi Harun-Rusmadi Wongso yaitu melahirkan 10.000 wirausaha baru.

Dikemukakannya, untuk mendukung pelaksanaannya Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dalam memenuhi persyaratan kegiatan bagi para pelaku usaha termasuk IKM di Kota Samarinda.

“Dari mulai pemberian modal usaha melalui Kredit Bertuah, kemudian ijin Nomor Induk Berusaha, bimbingan pemasaran melalui platform digital dan pendaftaran sertifikat halal,” jelasnya.

Andi Harun menambahkan, pembinaan dan pemberdayaan IKM juga telah menjadi fokus Pemkot Samarinda melalui berbagai program bantuan dan pembinaan. Dengan maksud agar IKM di Kota Samarinda dapat meningkatkan usahanya.

“Selain itu fasilitasi sertufikat halal dan pendaftaran merk ini untuk membantu kelengkapan legalitas usaha yang bertujuan mambuka dan memperluas pasar bagi para pelaku IKM,” ujarnya.

Diketahui, sebanyak 20 sertifikat halal, 17 sertifikat merk, 3 sertifikat hak cipta batik dan 102 sarana prasarana telah diserahkan secara simbolis kepada pelaku IKM di sekitar Samarinda melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kota Samarinda.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini. Semoga semua apa yang kita lakukan dapat menjadi sarana untuk mendorong kemajuan perkembanhan IKM,” pungkas Wali Kota Andi Harun.

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com