Pemkab Kukar Hibahkan Rp200 Juta untuk GPIB Gloria Maluhu

KUTAI KARTANEGARA – SEBAGAI bagian dari program Rehabilitasi Rumah Ibadah Kukar Berkah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali hadir untuk memberi bantuan hibah senilai Rp200 juta kepada Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) Gloria Maluhu, Tenggarong.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar Dendy Irawan Fahriza yang ikut hadir dalam acara peletakan batu pertama pembangunan gereja tersebut menyampaikan apresiasi atas semangat yang dibina oleh pemerintah daerah setempat.

“Memang dananya tidak sesuai seperti yang diminta, namun kami pemerintah daerah tidak hanya bergantung pada satu rumah ibadah saja. Untuk saat ini, ada lebih dari 100 rumah ibadah yang telah dibantu pembangunannya, sehingga perlu pembagian yang lebih detail lagi ke depannya,” jelas Dendy ditemui beritaborneo.com usai acara peletakan batu pertama pembangunan GPIB Gloria Jalan Bontang, Kelurahan Maluhu, Tenggarong, Sabtu (03/02/2024).

Dendy mengungkapkan, dana yang diajukan oleh pihak gereja dalam proses pembangunan adalah Rp6 hingga 7 miliar, namun untuk saat ini Pemkab Kukar baru bisa memberi dana awal sebesar Rp200 juta.

Nantinya sambung dia, untuk kebutuhan pembangunan lanjutan yang memerlukan dana tambahan akan diajukan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) agar bisa dibantu.

Lebih lanjut Dendy menjelaskan bahwa perkiraan waktu selesai pembangunan GPIB Gloria Maluhu ini adalah satu hingga dua tahun. Sebab akan melibatkan swadaya dari masyarakat, dari jemaat, dan mendorong pengurus nantinya bersama dengan pemerintah daerah untuk dibantu mengajukan proposal lanjutan ke Pemprov Kaltim.

“Kami sangat mengapresiasi semangat dari para pengurus gereja untuk bisa mewujudkan pembangunan ini. Kami harap dengan adanya pembangunan gereja ini bisa menjadi upaya pembinaan spiritual untuk para jemaat yang nanti menggunakan,” tutupnya. []

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com